Keren, Mts di Gresik ini Luncurkan Aplikasi Berisi Segudang Informasi Kesiswaan

jatimnow.com - Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Wathon, Gresik meluncurkan program pengembangan mutu pendidikan dengan melaunching aplikasi dalam versi android.

Kepala Mts Tarbiyatul Wathon, Mohammad Faizal Mubarok mengatakan, aplikasi ini sebagai wujud pelayanan prima kepada wali siswa dan seluruh stakeholder madrasah dalam mengakses berbagai program kebijakan dan informasi terkait kemadrasahan dan kesiswaan.

"Aplikasi android MTs Tarbiyatul Wathon ini adalah aplikasi informasi manajemen madrasah berbasis android yang menyajikan informasi personal peserta didik maupun kebijakan madrasah secara cepat, akurat dan transparan," ujar Faizal, Jumat (2/4/2021).

Faizal melanjutkan, aplikasi ini menjadi lompatan besar dalam dunia pendidikan dalam menyongsong revolusi industri 4.0. Aplikasi ini juga dimungkinkan menjadi satu-satunya aplikasi android yang di miliki lembaga sekelas MTs/SMP di Gresik bahkan Jawa Timur.

Launching aplikasi digelar bertepatan dengan pelaksanaan pembagian rapor hasil belajar siswa tengah semester genap. Setiap wali siswa yang hadir wajib membawa gadget yang terkoneksi internet. Kemudian tim IT MTs Tarbiyatul Wathon menjelaskan tutorial tentang cara install aplikasi hingga penggunaannya.

Setiap wali siswa juga telah dibekali username dan password untuk login ke aplikasi itu. Sehingga wali siswa juga bisa secara langsung dapat mempraktikkan layanan aplikasi tersebut.

Aplikasi ini merupakan pengembangan dari beberapa aplikasi yang sudah dimiliki MTs. Tarbiyatul Wathon dalam web. Penggabungan aplikasi seperti SIAKAD (Sistem Informasi Akademik), Perpustakaan Online, Website MTs, dijadikan satu wadah aplikasi android sehingga akses penggunaan beberapa aplikasi itu semakin praktis dan mudah.

Wali siswa yang sudah menginstal dan login dengan username akan menemukan beberapa menu yang bisa dilihat. Seperti menu informasi yang menjelaskan tentang berbagai informasi kegiatan, kebijakan hingga jadwal dan pengumuman seputar siswa dan madrasah.

Kemudian ada menu SPP dan nilai siswa, di mana menu tersebut menampilkan informasi tentang berbagai jenis pembiayaan siswa lengkap dengan keterangan lunas dan tidaknya. Ada pula menu absensi kehadiran siswa dan menu tabungan.

Setiap wali siswa, setiap hari akan menerima notifikasi tentang kehadiran siswa secara otomatis dengan keterangan hadir, alpa hingga terlambat langsung melalui handphone.

Begitu pula dalam menu tabungan siswa yang menabung setiap hari akan menerima informasi notifikasi tentang berapa nominal yang di tabung hingga penarikan tabungan secara langsung.

Ada juga menu perpustakaan, di mana riwayat kunjungan, jenis dan judul buku serta riwayat peminjaman buku siswa terhubung langsung dengan aplikasi.

Salah seorang wali siswa merasa sangat senang dengan hadirnya aplikasi ini.

"Sekarang saya bisa mengecek dan melihat anak saya apakah hadir tepat waktu atau terlambat ketika sekolah. Ini sangat membantu saya dalam mengontrol kegiatan anak saya," ujar salah satu wali siswa kelas VII itu.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top