Komitmen Jadi Pasar Sehat, PIOS Dipercaya Menjadi Pasar Tangguh Semeru

jatimnow.com - Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) terpilih menjadi Pasar Tangguh Semeru oleh Polda Jawa Timur yang bekerjasama dengan Pemkot Surabaya dan Kodam V Brawijaya.

Itu membuat manajemen PIOS semakin bersemangat dalam meningkatkan penerapan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran Covid-19.

Posko kesehatan di PIOS pun telah didirikan. Posko Pasar Pasar Tangguh PIOS berukuran 3 x 3 meter itu berfungsi untuk memantau dan mengawasi segala aktivitas baik pedagang maupun pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Di Posko ini dilengkapi dengan beberapa peralatan medis seperti oksigen, perlengkapan alat pelindung diri, obat-obatan, peralatan semprot disinfektan serta fasilitas pendukung lainnya.

"Fungsi posko kesehatan ini sifatnya hanya untuk penangan awal saja apabila terdapat pedagang atau pengunjung yang tiba-tiba mengalami keluhan sakit. Sedang untuk penangan lebih lanjut kami berkoordinasi langsung dengan Tim Satgas Covid-19 Pemkot Surabaya," kata pembina PIOS, Sarijo, Jumat (17/7/2020).

"Sejak pemerintah mengimbau agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19, kami langsung merespon cepat dengan melakukan sosialisasi kepada pedagang maupun pengunjung," imbuhnya.

Ia menjelaskan, langkah awal manajemen PIOS adalah langsung memasang poster-poster yang berisi imbauan agar para pedagang dan pengunjung menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Selain sosialisasi lewat poster, kami langsung membuat 20 wastafel portable untuk cuci tangan. Para pedagang dan pengunjung yang akan masuk ke PIOS juga kita wajibkan pakai masker dan cek suhu tubuh," ucapnya.

Tak hanya itu, kepedulian manajemen akan kesehatan pedagang dan pengunjung juga diwujudkan dengan membagikan hand sanitizer dan masker kepada pedagang dan pengunjung PIOS.

"Kita juga berikan minuman sehat berupa jamu yang terbuat dari empon-empon kepada pedagang maupun pengunjung agar imunitas tubuhnya terjaga," ujar Sarijo.

Selain itu, manajemen PIOS juga menyediakan sarung tangan plastik gratis yang diletakkan di tiang-tiang penyangga bangunan di seluruh blok yang ada di area pasar.

"Jadi kalau pedagang maupun pengunjung membutuhkan tinggal ambil saja," terangnya.

Kemudian dalam bertransaksi pedagang juga diberi nampan mini yang berfungsi untuk tempat menaruh uang saat pembeli akan melakukan pembayaran maupun menerima kembalian.

"Pedagang juga kami imbau untuk menggunakan face shield yang berfungsi melindungi wajahnya dari kemungkinan menempelnya virus corona di wajah," terangnya.

Dukungan besar Pemkot Surabaya kepada PIOS juga diwujudkan melalui penyemprotan disinfektan secara menyeluruh ke area PIOS.

"Kalau penyemprotan disinfektan sudah dua kali yakni pada Maret dan Mei lalu," pungkas Sarijo.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Posko Pasar Tangguh Semeru PIOS

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top