Rem Blong, Truk Tangki Seruduk Toyota Avanza di Tol Kebomas Gresik

jatimnow.com - Tiga kendaraan terlibat kecelakaan di KM 14.500B tepat di 3 kilometer setelah Gerbang Tol Kebomas, Gresik arah Surabaya, Senin (11/3/2019).

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jatim, AKBP Bambang S Wibowo menyebut, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 14.15 Wib.

"Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Hanya kendaraan Toyota Avanza yang mengalami kerusakan," kata Bambang.

Alumnus AKPOL tahun 1999 ini menjelaskan, tiga kendaraan yang terlibat kecelakaan itu adalah truk trailer bermuatan sepeda motor yang belum diketahui identitasnya. Kemudian mobil Toyota Avanza bernopol L 1898 MD dengan pengemudi Budi Setyawan (41) warga Jalan Singkep, Kelurahan Gunung Simping, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Kemudian satu kendaraan lainnya yaitu truk tangki Hino bernopol L 8134 UH dengan pengemudi Rusianto (51) warga Jalan Teuku Umar Medaeng, Waru, Sidoarjo.

"Semula kendaraan melaju beriringan dari arah Gerbang Tol Kebomas menuju Surabaya. Karena ada kepadatan dan penyempitan badan jalan, truk trailer bermuatan motor mengurangi kecepatan diikuti Toyota Avanza. Sehingga Avanza tertabrak truk tangki Hino yang remnya tidak berfungsi," jelas Bambang.

Mantan KabagOps Polrestabes Surabaya ini menambahkan, menurut keterangan pengemudi truk tangki, tiba-tiba fungsi rem truknya tidak bekerja dengan baik, sehingga kabin truknya membentur bagian belakang Toyota Avanza.

"Analisa sementara, kecelakaan disebabkan oleh para pengemudi yang kurang menjaga jarak aman dan tidak mencermati situasi kepadatan arus lalu lintas serta kondisi mekanis fungsi rem pada truk tangki," bebernya.

Akibat kecelakaan itu, arus lalu lintas di jalan tol tersebut sempat terjadi kemacetan sekitar 15 menit. Setelah kendaraan dipinggirkan oleh Unit Jatim 2 Sat PJR Polda Jatim dan patroli jalan tol, arus lalu lintas kembali lancar.

"Kendaraan sudah dievakuasi ke Pool Derek Tol Romokalisari," tegas Bambang.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top