Dapat Harga yang Bagus, Petani Gresik Ingin Pasok Hasil Panen Semangka ke PIOS

jatimnow.com - Petani semangka di Dusun Kedungbanteng, Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik berharap hasil panennya dapat masuk ke Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS).

Kepala Desa (Kades) Gredek, Bahrul Ghofar saat meninjau panen semangka di desanya menyebutkan jika dirinya ingin mewujudkan keinginan warganya agar hasil panen mendapatkan harga yang lebih bagus.

"Semoga ke depan hasil panen semangka para petani bisa diserap oleh pasar grosir seperti PIOS," kata Kades Ghofar, Rabu (29/9/2021).

Ia menyadari untuk dapat menembus pasar grosir yang terletak di Benowo, Surabaya itu harus ada pendampingan dari pihak terkait dalam hal ini adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, terutama dalam hal ketersediaan air yang cukup.

"Tanaman semangka ini ditanam petani setelah musim tanam padi selesai. Artinya semangka ditanam saat musim kemarau, karena itu kami butuh air yang cukup untuk bisa menghasilkan buah semangka yang berkualitas dan layak sesuai tuntutan pasar," terang Ghofar.

Kendala saat ini karena kurangnya pasokan air membuat ukuran semangka yang dihasilkan oleh petani Dusun Kedungbanteng Desa Gredek ukurannya tidak merata.

Ada yang ukuran 4 kilogram, tapi ada juga yang ukurannya dibawah 2 kilogram.

"Kalau sudah masuk pasar grosir kesamaan ukuran adalah penting. Karena itu kendala ketersediaan air selama musim kemarau harus diatasi terlebih dulu," ujarnya.

Ia menambahkan saat ini dirinya telah mencoba meminta bantuan ke Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani untuk melakukan normalisasi bagi embung dan waduk agar bisa menampung lebih banyak air sehingga dapat memenuhi kebutuhan petani saat musim kemarau tiba.

"Semoga Pemkab Gresik bisa segera merealisasikan normalisasi bagi embung dan waduk supaya hasil panen semangka petani desa kami bisa lebih berkualitas dan bisa diterima di pasar grosir seperti PIOS," harap Ghofar.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top