Harga Cabai Hijau di PIOS Kian Pedas, Naik hingga 50 Persen

jatimnow.com - Kenaikan harga cabai rawit di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) juga turut mempengaruhi komoditi lainnya. Salah satunya adalah harga cabai hijau.

Dari pantauan jatimnow.com pada Senin (22/2/2021), harga cabai hijau kini berada di kisaran Rp 15 ribu per kilogram.

Harga ini mengalami kenaikan sekitar 50 persen. Sebelum harga cabai rawit naik, cabai hijau hanya berada di kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram.

"Iya berpengaruh. Harga cabai rawit naik, maka cabai lainnya juga ikutan naik," kata salah satu pedagang cabai di PIOS, Suwarno.

Ia menyebut, selama ini pasokan cabai hijau di pasar induk yang terletak di Kecamatan Benowo Surabaya itu lebih banyak dikirim dari petani cabai di Madura.

Menurutnya, selama ini cabai hijau tidak mengalami kendala karena keberadaannya tidak seperti cabai rawit yang lebih banyak dibutuhkan pelanggan.

Meski begitu, keberadaan cabai hijau tetap dibutuhkan oleh pelanggan. Para pedagang di PIOS setiap hari berusaha untuk tetap mendatangkan cabai hijau untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Memang tidak sebanyak kebutuhan cabai rawit, tetapi cabai hijau tetap dibutuhkan. Karena itu saya selalu menyediakannya. Kalau penjualannya per hari bisa mencapai 2 hingga 3 kuintal lebih," ujar pedagang asli Kecamatan Kedamean Gresik itu.

Di PIOS, pada pertengahan Bulan Februari ini harga cabai rawit kembali merangkak naik. Harga cabai rawit di PIOS kini mencapai Rp 80 ribu per kilogram.

Selain itu, harga cabai rawit di pasaran kini memang tidak stabil karena pasokan dari petani beberapa daerah yang selama ini dikenal sebagai pemasok utama di PIOS seperti Banyuwangi, Besuki, Probolinggo dan Pare yang tidak menentu.

"Saat ini harga cabai rawit di PIOS mencapai Rp 80 ribu per kilogram. Kemungkinan harga di pasar daerah akan lebih mahal mengingat PIOS adalah pasar grosir," pungkas Suwarno.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top