jatimnow alexametrics

Miliki Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Buah Bit Tersedia di PIOS

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Buah bit/ carisayur.com
Buah bit/ carisayur.com

jatimnow.com - Buah bit segar yang memiliki sederet nutrisi dan baik untuk kesehatan itu jarang ditemui di pasar tradisional.

Namun di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS), keberadaan buah bit yang berwarna merah maron gelap itu dapat dengan mudah ditemukan.

"Buah bit ini dari Malang. Kalau untuk harganya Rp 20 ribu per kilogram," kata Sobirin salah seorang pedagang di PIOS yang berada di Blok F, Kamis (10/12/2020).

Ia menjelaskan, meski disebut buah namun buah bit sesungguhnya merupakan kelompok umbi-umbian karena tumbuh di dalam tanah.

Selama ini buah bit dikonsumsi layaknya umbi-umbian lain yakni direbus maupun dikukus atau dipanggang.

"Selain itu juga bisa buat jus," jelas Sobirin.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Dari berbagai sumber, segudang manfaat buah bit untuk kesehatan bisa didapatkan dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Seperti karbohidrat, protein, serat, serta vitamin dan mineral seperti vitamin C, folat, kalium, magnesium, sodium, dan zat besi.

Bit juga diketahui rendah lemak dan kalori serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Bit juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi efek peradangan.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif