Buah Terong Belanda Mudah Didapatkan di PIOS

jatimnow.com - Buah terong belanda atau yang dikenal dengan sebutan Tamarillo di luar negeri mudah ditemui di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS).

Salah satu lapak yang menyediakan buah terong belanda adalah lapak miliki Jeki yang terletak di Blok F PIOS.

Menurut Jeki, buah terong belanda yang berada di lapaknya dipasok dari para petani di Wilayah Batu, Malang. Ia menjual buah terong belanda dengan harga Rp 10 ribu rupiah per kilogram.

"Stoknya dari Batu Malang. Kalau harganya Rp 10 ribu per kilogram," kata Jeki kepada jatimnow.com, Selasa (23/11/2020).

Ia menjelaskan, meski bernama terong belanda namun sebenarnya buah ini berasal dari daerah Amazon di Amerika Latin.

Namun karena orang-orang Belanda yang membawa buah itu masuk ke Indonesia maka dinamakan terong belanda.

"Masuknya terong belanda ke Indonesia ya dibawa oleh orang-orang Belanda. Kan dulu kita dijajah Belanda cukup lama," ujar Jeki.

Terong belanda sendiri merupakan buah segar yang bisa langsung dikonsumsi, selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak, sayuran dan juga bisa direbus untuk asinan dan minuman.

Sementara kandungan di dalam terong belanda terdapat pro vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan vitamin C yang berguna mencegah sariawan, panas dalam serta untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Awalanya terong belanda di Indonesia dikembangkan di kawasan Bogor. Tapi lama-lama menyebar ke daerah lain yang memiliki suhu dingin seperti Batu, Malang," pungkas Jeki.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top