Cegah Demam Berdarah, Permintaan Buah Jambu Merah di PIOS Meningkat

jatimnow.com - Pedagang jambu merah yang berada di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) menikmati berkah seiring meningkatnya permintaan pasar.

Tingginya permintaan pengunjung karena masih tingginya kasus demam berdarah. Dari data yang diterima dari Kementerian Kesehatan, tercatat ada 71.633 kasus demam berdarah dengue (DBD) hingga Juli 2020 di Indonesia, dengan angka kematian mencapai 459 kasus.

Kandungan nutrisi jambu merah yang dapat mencegah demam berdarah menjadi salah satu alasan tingginya permintaan buah yang banyak mengandung Vitamin A, C, kalium dan antioksidan itu.

Salah satu pedagang buah segar di Blok B-10, Mat Hasan mengatakan jika dalam seminggu terakhir dirinya telah mendatangkan 5 pikap jambu merah dari daerah Kendal Jawa Tengah.

"Kalau minggu lalu saya datangkan 5 kali. Setiap datang menggunakan pikap dengan kapasitas 2 sampai 2,5 ton. Sedang minggu ini baru 4 pikap, paling Sabtu datang lagi," kata Mat Hasan kepada jatimnow.com, Kamis (10/9/2020).

Pedagang asal Sumenep Madura itu juga mengatakan jika jambu merah ini sengaja didatangkan dari Kabupaten Kendal yang dikenal memiliki kualitas bagus. Selain itu ukuran jambu merah dari Kendal juga lumayan besar sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Kalau buat jus biasanya yang ukuran besar. Rata-rata satu kilogram isinya 3 atau 4 biji. Dan yang paling bagus adalah jambu merah dari Kendal," ujarnya.

Sedang untuk harga per kilogram, Mat Hasan mematok harga Rp 8.500. Selain menyediakan ukuran besar yang dibuat jus. Dirinya juga menyediakan jambu merah yang untuk dikonsumsi langsung.

"Kalau jambu yang ukuran kecil biasanya isi 8 sampai 9 biji. Sedang harganya Rp 6 ribu per kilogram," ucapnya.

Hasan menambahkan jika sudah 2 bulan ini harga jambu merah mengalami kenaikan. Hal itu dikarenakan musim panen raya telah lewat.

"Kalau panen raya, harga jambu merah yang ukuran besar bisa turun menjadi Rp 5 ribu per kilogramnya," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top