Pandemi Covid-19

Sempat Terhenti, Gebyar Reog Kembali akan Digelar di Ponorogo

jatimnow.com - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Ponorogo kembali mencanangkan Gebyar Reog setiap tanggal 11 tiap bulan yang sempat terhenti karena adanya Pandemi Corona atau Covid 19 sebagai uji coba.

"Tujuan dari pencanangan Gebyar Reog ini adalah karena banyaknya permintaan dari masyarakat yang sudah 3-4 bulan ini tidak menyaksikan kesenian asli Ponorogo," kata Kepala Disbudparpora Agus Sugiarto, Selasa (14/07/2020).

Menurutnya, pencanangan itu diadakan di Pendopo Agung Pemkab Ponorogo pada Jumat (10/7/2020) lalu. Kemudian pencanangan itu sebagai rule mode standard operasional prosedur pelaksanaan gelar Reog setiap tanggal 11 tiap bulan.

"Kita akan evaluasi, kalau bagus ya bulan depan bisa kita adakan lagi. Pasti ada evaluasi," lanjut dia.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan agar nguri-nguri budaya Reog ini tetap bisa ada.

"Ini kebudayaan kita yang sama-sama kita cintai. Maka harus selalu diadakan kendati memang dengan pelaksanaan dengan SOP yang ketat," lanjutnya.

Sementara itu, salah satu penari dalam kesenian Reog, Kumala Ziani Ramadhani mengatakan dirinya menyambut antusias dalam gelaran Gebyar Reog ini.

"Alhamdulillah senang sekali. Sudah 4 bulan vakum, tidak ada pemasukan," katanya.

Senada, Penari Ganongan (Bujang Anom) Panji Okta Permadi Arif Yoga mengatakan dirinya senang bisa kembali tampil agar dapat menjaga warisan seni budaya asli Ponorogo itu.

"Alhamdulillah, pastinya temen-temen juga ikut senang," katanya.

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top