jatimnow alexametrics

Unesa Bikin 3 Robot untuk Bantu Perawatan Pasien Corona

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Farizal Tito
Demo Robot Kece Unesa
Demo Robot Kece Unesa

jatimnow.com - Fakultas Teknik (FT) Unesa membuat tiga robot guna menunjang proses perawatan pasien Covid-19.

Tiga robot yang diberi nama Robot Kece Unesa itu memiliki fungsi sebagai robot pengantar makanan, robot pengantar alat medis, penyeteril ruangan dan drone penyemprot disinfektan.

"Tiga robot ini merupakan hasil karya anak bangsa serta kolaborasi antara dosen, mahasiswa dan alumni dari Fakultas Teknik. Tentunya terobosan teknologi ini akan sangat berguna untuk menangani permasalahan covdi-19," kata Rektor Unesa, Nurhasan dalam acara demo Robot Kece Unesa yang berlangsung di loby rektorat, Jumat (19/6/2020).

Rektor Unesa tersebut mengatakan jika terobosan baru di bidang teknologi ini juga akan diserahkan kepada gubernur Jatim agar nantinya robot itu bisa dirasakan langsung manfaatnya untuk masyarakat.

"Mudah-mudahan upaya kami untuk membantu pemerintah dalam menangani covid-19 bisa berjalan dengan baik," ujar dia.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Maspiyah menambahkan jika Pandemi Corona ini Robot Kece akan menjaga rasa aman untuk tenaga medis. Pasalnya, robot berfungsi sebagai pengantar makanan dan alat medis ini dinilai ampuh untuk mencegah penyebaran corona. Karena dengan robot itu, para petugas medis tidak perlu untuk melakukan kontak langsung dengan pasien.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Selain untuk pengantar obat dan makanan, robot ini juga berfungsi untuk sterilisasi ruangan. Jadi kalau ruangan tersebut habis dipakai oleh pasien dan lain-lain maka robot ini akan berfungsi untuk mensterilisasi dari virus dan bakteri. Jadi robot ini selain untuk melayani pasien juga memperhatikan tenaga medis," kata Maspiyah.

Pembina dari team pembuat robot Kece, Agung Prijo Budijono menyampaikan jika robot ciptaan timnya tersebut juga dilengkap dengan komunikasi berbasis video yang tentu akan menunjang kinerja tenaga medis dari jarak jauh.

"Jadi robot ini juga bisa digunakan untuk komunikasi dengan pasien. Sehingga dari jauh dokter juga bisa menanyakan kondisi pasien, dan pasien bisa merespon langsung pertanyaan dari dokter," kata Agung.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE