Ini Motif Pembunuh Juragan Kos Tulungagung yang Ditangkap di Surabaya

jatimnow.com - Pelaku pembunuhan terhadap Miratun alias Sotun (65), warga lingkungan 6, Desa Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung telah ditangkap pada Sabtu (22/2).

Pelaku adalah Rian Dicky Vebriatanto (25) warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Ia ditangkap di sebuah kamar kos di wilayah Gubeng, Surabaya.

Baca juga:  

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan pelaku diketahui sebelumnya pernah tinggal kos di rumah korban. Pada bulan Januari, tersangka datang ke Tulungagung untuk mencari pekerjaan.

"Karena di rumah pamannya sempit, tersangka kemudian berinisiatif untuk kos di rumah korban," ujarnya, Senin (24/2/2020).

Dari hasil penyidikan, saat tinggal kos tersebut tersangka telah melakukan pencurian di rumah korban.

Tersangka mengambil sejumlah perhiasan dan uang tunai, lalu kabur ke Surabaya. Berhasil melakukan aksi tersebut, tersangka berencana akan mengulangi lagi.

Namun saat masuk ke rumah korban, tersangka tidak menemukan uang maupun perhiasan.

"Tersangka kemudian ingat bahwa ada sejumlah perhiasan yang dikenakan oleh korban," ujarnya.

Saat korban datang, tersangka kemudian mencekik lehernya hingga lemas. Tersangka kemudian membekap korban dengan bantal dan kasur lipat. Setelah mengambil perhiasan korban, pelaku kemudian menguncinya dalam kamar.

"Tersangka kabur ke Surabaya dan kemudian menjual perhiasan korban. Uangnya digunakan untuk kebutuhan sehari hari pelaku," terangnya.

Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 351 (3) dan Pasal 338 KUHP dengan ancaman hukuman diatas lima belas tahun penjara.

Sebelumnya, jenazah korban pertama kali ditemukan oleh salah seorang penghuni kos, yang curiga karena kondisi rumah petang dan terdapat salah satu kamar yang dikunci dari luar. Setelah saksi mengintip, korban ditemukan tewas di kamar tersebut, pada Jumat (14/2).

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top