Tebing Longsor Tutup Akses Jalan Menuju Lautan Pasir Bromo

jatimnow.com - Tebing Pakis Bincil salah satu lokasi jalan yang menuju lautan pasir Gunung Bromo yang berada di Desa Wonokitri, Kecamatan Toasari, Pasuruan longsor, Rabu (12/2/2020).

Lokasi longsor yang berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), masuk Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan ini tidak menelan korban jiwa.

"Longsor menutupi akses jalan menuju lautan pasir Bromo ini terjadi kemarin pukul 15.20 Wib. Dan saat ini tim gabungan masih proses evakuasi material longsor," kata Kepala Resort Gunung Penanjakan wilayah TNBTS, Joko Purwito, Kamis (13/2/2020).

Material longsor diketahui menutupi akses jalan sepanjang 15 meter dengan timbunan tanah menutupi jalan setebal 3 meter.

"Material yang longsor ini tanah dan bebatuan," ujarnya,

Ia menjelaskan, satu alat berat ekskavator masih membersihkan jalan dan diharapkan selesai pada hari ini.

"Insya Allah hari ini material tanah yang menutup jalan bisa dievakuasi. Alat beratnya (ekskavator) ada 1 unit," ungkapnya.

Joko memastikan peristiwa longsornya tebing ini tidak mengganggu masyarakat karena jauh dari permukiman dan akses jalan ke area penanjakan Gunung Bromo juga masih terbuka.

"Tidak ada masyarakat yang dirugikan dalam longsornya tanah ini. Kan saat ini lautan pasir masih ditutup, untuk Wulan Kapitu. Jadi tidak menggangu. Untuk ke Penanjakan masih dibuka, karena tidak terganggu," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top