Laris Manis, Bawang Putih di PIOS Terjual 2 Ton dalam Satu Minggu

jatimnow.com - Pedagang bawang putih Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) menjual bumbu dapur yang populer dan mampu menambah citarasa pada masakan tersebut terdiri dari dua jenis.

Salah satu distributor bawang putih di PIOS, Maksum mengatakan bawang putih yang menjadi dagangannya terbagi dalam dua jenis yakni bawang putih kating dan bawang putih shin chung.

"Setiap minggu, rata-rata saya menghabiskan stok 2 ton lebih dari kedua jenis bawang putih ini," ungkap pedagang asal Menganti, Gresik itu, Senin (20/1/2020).

Dari kedua jenis bawang putih tersebut, bawang putih kating yang lebih banyak diminati masyarakat. Itu dikarenakan aroma dan rasanya yang lebih kuat.

"Kulitnya lebih putih dan kerompolnya kecil tapi siungnya besar-besar. Selain itu dagingnya lebih padat dan lebih segar," jelasnya.

Sementara bawang putih shin chung boleh dibilang kualitasnya sedikit di bawah bawang putih kating. Selain aroma dan rasanya tidak sekuat bawang putih kating, bawang putih shin chung kerompol besar namun siungnya kecil-kecil.

"Kelebihannya bawang putih shin chung adalah lebih tahan awet. Tidak mudah keriput," beber Maksum.

Dengan perbandingan di atas, tidak heran jika bawang putih kating harganya sedikit mahal dibanding bawang putih shin chung.

"Kalau saat ini, harga bawang putih kating harganya Rp 30 ribu per kilogram. Sedang bawang putih shin chung Rp 28 ribu per kilonya," tukasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top