jatimnow alexametrics

Melihat Keseruan Kompetisi Berkuda di Pasuruan

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Moch Rois
Ajang kompetisi berkuda di Taman Safari
Ajang kompetisi berkuda di Taman Safari

jatimnow.com - Para komunitas olahraga berkuda lintas Jawa Timur dan Bali mengikuti ajang kompetisi di arena Equestrian Taman Safari Indonesia II, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (23/11/2019).

Founder Emporium Horse Club, Bagus Indra Prasetya mengatakan ajang ketangkasan menunggang kuda pada kompetisi Fun Equestrian Games merupakan salah satu cara dalam mencari bibit atlit baru di cabang olahraga berkuda.

"Salah satu tujuannya memberikan wadah untuk para calon atlit baru. Kalau mereka sudah tidak grogi di kompetisi ini, maka goalnya mereka akan mampu ke kompetisi kejuaraan nasional," katanya.

Ia menjelaskan, dalam kompetisi ini ada dua kategori yaitu Dressage dan Show Jumping. Semua kategori cabang tersebut dilombakan dalam lapangan berukuran 48 meter x 36 meter.

Untuk Dressage, keserasian baik dari rider maupun kudanya pada saat melakukan suatu gerakan akan dinilai juri.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Keterampilan dan pengalaman rider sangat menentukan untuk menunjukan kelincahan dan keluwesan dari tiap gerakan yang dihasilkan," terangnya.

Sedangkan Show Jumping, rider harus menyelesaikan sebuah lintasan yang telah ditentukan sebelumnya tanpa menjatuhkan rintangan.

Masing-masing rintangan akan diberikan nomor dan arah melompat ditandai dengan dua bendera yang dipasang di masing-masing sisi rintangan. Untuk sebelah kanan bendera merah dan sebelah kiri bendera putih.

"Untuk show jumping ini kita fokus ke junior dulu. Jadi bukan speed class, tapi optimum class. Karena kita mengutamakan safety," pungkasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif