jatimnow alexametrics

Harga Tomat Segar di PIOS Mulai Turun

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Buah tomat segar yang tersedia di PIOS
Buah tomat segar yang tersedia di PIOS

jatimnow.com - Harga buah tomat segar di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) yang sebelumnya sempat menembus harga Rp 15 ribu per kilogram kini berangsur turun.

Salah satu pedagang tomat yang lapaknya berada di Blok F PIOS, Kusnadi menjelaskan jika harga buah yang kaya serat dan memiliki sejumlah vitamin serta zat antioksidan penting bagi tubuh itu kini berada di kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kilogram.

Menurutnya, menurunnya harga buah tomat ini tidak lepas dari pasokan dari petani yang kini kembali memenuhi lapak para pedagang pasar induk yang terletak di Benowo, Surabaya itu.

"Iya, stoknya mulai banyak. Jadi harganya mulai turun lagi," kata Kusnadi, Jumat (17/9/2021).

Sebelumnya stok buah tomat sempat berkurang karena petani terlambat panen. Keterlambatan itu menurut Kusnadi dikarenakan faktor cuaca.

"Biasanya kalau petani terlambat panen kendalanya karena cuaca. Saat barang melimpah, maka harga tomat bisa di titik terendah yakni Rp 5 ribu per kilogram. Bahkan bisa kurang dari itu," terang dia.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Ia juga menambahkan faktor lain yang bisa menyebabkan harga buah tomat naik adalah rusaknya tanaman akibat cuaca yang terlalu panas sehingga buah yang hendak dipanen mengalami kerusakan.

"Cuaca yang cukup panas memungkinkan banyak buah tomat yang hendak di panen rusak," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif