jatimnow alexametrics

Harga Cabai Rawit di PIOS Turun, Kualitas Terbaik Dibanderol Rp 13 Ribu per Kg

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Cabai rawit yang melimpah di PIOS
Cabai rawit yang melimpah di PIOS

jatimnow.com - Kenaikan harga cabai hijau lalapan tidak tidak dibarengi dengan harga cabai rawit atau yang biasa dalam Bahasa Jawa disebut lombok di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS).

Diketahui, harga cabai lalapan kini mencapai Rp 15 ribu per kilogram.

Ketersediaan yang melimpah akibat petani di berbagai daerah yang panen mengakibatkan harga cabai rawit turun.

Jika pada Hari Raya Idul Adha kemarin harga cabai rawit merah mencapai Rp 65 ribu per kilogram, saat ini harganya berada di kisaran Rp 13 ribu per kilogram.

"Harga Rp 13 ribu itu sudah harga cabai rawit dengan kualitas terbaik. Sedang untuk kualitas di bawahnya hanya berada di kisaran Rp 10 ribu," kata Suwarno, salah satu pedagang cabai di PIOS, Selasa (24/8/2021).

Pedagang asal Kedamean Gresik itu menyebutkan melimpahnya stok cabai rawit merah karena para petani dari berbagai daerah di Jawa Timur seperti Jombang, Pare Kediri, Nganjuk, Probolinggo dan Madura sudah mulai banyak yang panen.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Memang dari daerah mulai banyak kiriman, tapi ini masih belum panen raya. Saat ini kiriman paling banyak baru dari Madura," bebernya.

Ia memprediksikan harga cabai rawit saat ini akan bertahan cukup lama. Apalagi jika sampai nanti panen raya dari daerah-daerah di Jawa Timur bersamaan maka stok yang akan masuk ke PIOS tentu akan lebih banyak lagi.

"Kalau stoknya melimpah, maka akan mempengaruhi harga. Bisa jadi harga cabai rawit akan semakin turun," tandasnya.

 

 Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg