jatimnow alexametrics

Unair Masuk Top 465 Kampus Terbaik di Dunia Tahun 2022

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Rektor Unair, Prof. Dr Mohammad Nasih (kiri)
Rektor Unair, Prof. Dr Mohammad Nasih (kiri)

jatimnow.com - Lembaga pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds (QS) resmi mengumumkan World University Rankings (WUR) untuk universitas terbaik di dunia pada Rabu (9/6/2021) dinihari.

Pada lembaga pemeringkatan bergengsi tersebut, Universitas Airlangga (Unair) menduduki peringkat ke-465.

Rektor Unair Prof. Dr Mohammad Nasih menyatakan bahwa sejak awal memimpin pada periode pertama 2015–2020, berbagai gebrakan dan langkah telah dilakukan.

"Upaya dan ikhtiar terus dilakukan oleh seluruh jajaran sivitas akademika Unair untuk menjadi bagian dari 500 kampus terbaik dunia. Dan syukur alhamdulillah kini bisa mencapai posisi top 465 dunia," ujar Prof Nasih.

Tercatat, Unair telah mengalami dinamika pemeringkatan yang diakukan oleh QS WUR. Tahun 2014 Unair pada posisi 701+. Kemudian 2015 hingga 2018 masih dalam posisi yang sama, 2019 pada posisi 751-800. Dan Tahun 2020 Unair masuk dalam jajaran 651-700.

Pada Tahun 2021, Unair masuk pada posisi 521-530 hingga pada pemeringkatan Tahun 2022, berhasil masuk pada posisi 465 top kampus terbaik di dunia.

"Predikat dan prestasi ini tidak lepas dari budaya kerja keras seluruh jajaran sivitas akademika," jelas Prof Nasih.

Selain mengikuti pemeringkatan QS WUR, Prof Nasih menyebut bahwa Unair juga akan mengikuti berbagai pemeringkatan dunia yang lainnya. Salah satu yang paling penting, Unair akhirnya sudah boleh mengikuti Times Higher Education World University Rankings karena jumlah penelitian sudah mencukupi.

"InsyaAllah tahun depan kami akan ikut dan langsung masuk Top 1.000," tandasnya.

Prof Nasih menegaskan bahwa peringkat baik bukanlah tujuan utama. Proses dan seluruh usaha dalam melakukan perbaikan pada setiap sektor adalah yang menjadi landasan utama untuk terus bergerak maju untuk menjadi kampus yang unggul dan diakui dunia.

"Dengan langkah dan upaya ini kami tentu berharap bahwa Unair bisa dan mampu menjadi Smart University. Yakni smart education for millennial people, meaningful research and community service, acceleration innovation and enterprising, responsive and lean management dan top up tangible and intangible resource utilization," pungkasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif