Makamkan Jenazah Pasien Covid-19 Tanpa Prokes, 18 Orang di Ponorogo Diswab

jatimnow.com - 18 warga di Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo menjalani tes swab antigen, Selasa (8/6/2021). Tes swab dilakukan setelah salah satu warga setempat yang menjadi pasien Covid-19 meninggal.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Ponorogo, Agus Pramono mengatakan, pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di desa tersebut awalnya tidak mau dirawat ataupun isolasi mandiri.

"Kemudian pasien Covid-19 itu meninggal dunia dan dimakamkan dengan cara biasa, tanpa menggunakan protokol kesehatan (prokes)," ujar Agus, Selasa (8/6/2021).

Setelah mendapat informasi itu, Dinas Kesehatan Ponorogo langsung melakukan tracking dan tracing dengan hasil ada 3 keluarga dekat yang terkonfirmasi Covid-19.

"Tim melakukan tracking lagi. Hari ini kami lakukan swab semua, ada 18 orang," bebernya.

Hasilnya, lanjut Agus, ada satu warga yang positif Covid-19. Dengan temuan itu dia berharap kasus Covid-19 di Desa Pondok, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo tidak meluas. Sehingga tidak terjadi klaster baru di Bumi Reog.

"Hari ini hasilnya ada satu orang positif Covid-19. Bisa saja bertambah, tapi kami harap tidak. Biar tidak membludak kasus di Ponorogo," sambung pria yang juga menjabat sebagai Sekda Ponorogo tersebut.

Hingga hari ini tercatat 4.204 orang terkonfirmasi Covid-19 di Ponorogo. Dari jumlah itu, pasien yang sembuh 3.684 orang, meninggal 427 dan kasus aktif 93 pasien.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top