Kentang Segar Berbagai Ukuran Tersedia di Pasar Induk Osowilangun Surabaya

jatimnow.com - Kentang segar berbagai ukuran untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tersedia di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS).

Untuk kentang berukuran sedang, diperuntukan bagi rumah tangga sedangkan ukuran jumbo digunakan bagi pengusaha kue atau rumah makan.

Salah satu pedagang kentang di PIOS, Ali Ismail mengatakan berbagai ukuran kentang tersebut ternyata memiliki kegunaan masing-masing.

Ia mencontohkan, untuk kentang berukuran kecil biasanya lebih banyak dijadikan kentang rebus yang dikonsumsi secara langsung. Namun selain itu kentang kecil juga kerap dijadikan bahan campuran masakan rendang dan sup.

"Kalau kentang kecil harganya Rp 5 ribu per kilogram. Selain dikonsumsi langsung biasanya juga untuk campuran rendang dan sup," kata Ali Ismail, Senin (29/3/2021).

Sedang untuk kentang berukuran sedang harganya variatif antara Rp 8 ribu hingga 10 ribu.

Kentang berukuran sedang ini selain untuk bahan aneka masakan juga sering diolah sebagai bahan pembuatan perkedel atau disajikan sebagai french fries (kentang goreng) saat kita berada di kafe. Sedang untuk kentang ukuran besar di banderol Rp 11 hingga Rp 12 ribu per kilogram.

"Kalau kentang ukuran besar ini biasanya digunakan untuk bahan membuat kue seperti donat, kue kukus, kue lumpur, keripik dan sebagainya," ujar dia.

Karena banyak dibutuhkan pengunjung, penjualan kentang di pasar yang terletak di wilayah Kecamatan Benowo, Kota Pahlawan ini selalu tinggi.

"Secara keseluruhan kebutuhan kentang di PIOS per hari bisa mencapai sepuluh ton," pungkas Ali.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top