jatimnow alexametrics

KPU Rampungkan Rekapitulasi Suara Pilkada Ponorogo 2020

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
KPU Rampungkan Rekapitulasi Suara Pilkada Ponorogo 2020

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati di Pilkada Ponorogo 2020.

Hasilnya, Sugiri-Lisdyarita meraih 352.047 suara (61,7 persen) dan Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono mendapatkan 218.073 suara (38,3 persen).

"Hasil ini didapat dari penghitungan suara dari seluruh kecamatan," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo, Munajat, Rabu (16/12/2020).

Ia menyebut, kedua paslon diberi waktu tiga hari untuk mengajukan gugatan melalui Mahkamah Konstitusi (MK) jika merasa tidak puas dengan hasil rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU.

Jika tiga hari tidak ada gugatan, maka MK akan menyerahkan buku registrasi perkara konstitusi (BRPK) ke KPU untuk menetapkan hasil tersebut tanpa ada gugatan.

"Jika tidak ada gugatan, kami tinggal menunggu BRPK dari MK," ujar dia.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Untuk angka partisipasi di Pilkada Ponorogo ini, KPU mencatat ada 77,2 persen dan tidak jauh dari prediksi nasional sebesar 77,5 persen. Ini menandakan bahwa masyarakat tidak ragu datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Masyarakat antusias menggunakan hak pilihnya. Bahkan lebih tinggi dibandingkan pilkada lima tahun lalu," lanjutnya.

Ia mengaku puas dengan hasil Pilkada Ponorogo karena seluruh tahapan yang telah dilalui berlangsung aman dan kondusif.

"Kami sudah berikhtiar semaksimal mungkin agar pilkada tidak melahirkan klaster penularan Covid-19 baru di Ponorogo," pungkasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE