jatimnow alexametrics

Jangan Khawatir, Pasokan Bawang Merah di PIOS Dijamin Aman

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Sahlul Fahmi
Pasokan barang merah di PIOS dijamin aman (Foto: Dok. jatimnow.com)
Pasokan barang merah di PIOS dijamin aman (Foto: Dok. jatimnow.com)

jatimnow.com - Ketersediaan bawang merah di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) tetap aman kendati pasokan bawang merah dari Kabupaten Probolinggo tersendat.

Tersendatnya pasokan bawang merah dari Kabupaten Probolinggo itu diakibatkan banyaknya petani di wilayah tersebut gagal panen lantaran cuaca yang kurang mendukung.

Selama ini Kabupaten Probolinggo memang dikenal sebagai salah satu pemasok bawang merah bagi pedagang di PIOS. Namun karena banyak petani bawang merah Probolinggo yang gagal panen, para pedagang bawang merah PIOS mencoba mengoptimalkan pasokan dari daerah lain.

Menurut Maksum salah satu pedagang bawang merah PIOS, saat memasuki musim hujan tiba, memang pasokan bawang merah dari Probolinggo mengalami penurunan.

Maksum melanjutkan, sebagai gantinya dia mendatangkan bawang merah yang berasal dari Pulau Madura, di mana para petani bawang merah di sana hanya mengandalkan tadah hujan.

"Karena sistem irigasinya sulit, maka para petani bawang merah Madura mengandalkan tadah hujan. Karena itu saat memasuki musim hujan justru pasokan bawang merah dari Madura cukup banyak," ungkap Maksum kepada jatimnow.com Senin (14/12/2020).

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Pedagang asal Madura itu juga mengungkapkan jika selain mendatakan pasokan dari Madura, sebagian pedagang bawang merah di PIOS juga mendapatkan pasokan bawang merah dari wilayah Demak dan Brebes, Jawa Tengah.

"Ada juga bawang merah yang dipasok dari Demak dan Brebes Jawa Tengah," ujarnya.

Meski demikian Maksum tak menampik jika secara kualitas bawang merah asal Probolinggo adalah bawang merah yang kualitasnya cukup bagus. Selain memiliki ukuran yang lebih besar, aroma serta rasanya juga lebih kuat.

"Karena itu harga bawang merah asal Probolinggo biasanya di atas bawang merah yang berasal dari daerah lain," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg