Pandemi Covid-19

Libur Panjang, Wali Kota Hadi Minta Warga Probolinggo Patuhi Prokes

jatimnow.com - Libur panjang dari 28 Oktober hingga 1 November 2020, warga Kota Probolinggo diharapkan tetap mentaati kedisiplinan dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Itu disampaikan Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin yang meminta Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk mempersiapkan pengamanan libur panjang nanti.

"Saya mengajak masyarakat untuk mencegah penyebaran Virus Corona dengan cara tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya saat Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan dan Pencegahan Konflik Sosial Kota Probolinggo Bulan Oktober 2020, Selasa (27/10/2020).

Ia mengakui jika libur panjang maka banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Probolinggo. Ia tidak ingin menimbulkan klaster baru.

"Ini perlu kita antisipasi bersama dan tidak kita harapkan. Ini menjadi acuan agar pengamanan libur panjang selanjutnya diharapkan jauh lebih baik dari sebelumnya mengingat Pandemi Covid-19 masih belum berakhir," jelasnya.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, selama rentang waktu 8 bulan masa Pandemi Corona tercatat jumlah yang terkonfirmasi positif sebanyak 588 pasien dan 541 atau 92,01 persen telah dinyatakan sembuh. Serta 6 pasien masih dirawat dan 41 orang meninggal dunia.

"Angka kematian tergolong tinggi jika dibanding angka kematian nasional yang hanya tiga koma empat puluh dua persen. Tingginya angka kematian ini dikarenakan sebagian pasien memiliki riwayat penyakit penyerta. Serta enggan datang ke rumah sakit untuk memeriksakan diri sehingga mengakibatkan telatnya penanganan yang diberikan, juga menjadikan faktor yang cukup berpengaruh terhadap tingginya angka kematian Covid-19 di Kota Probolinggo," papar dia.

Wali Kota Hadi juga mengapresiasi sinergitas yang terjalin antara Pemkot Probolinggo dan Forkopimda terkait kondusifitas Kota Probolinggo di tengah wabah pandemi.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top