Musim Kemarau, Penjualan Buah Segar di PIOS Meningkat

jatimnow.com - Penjualan jenis buah yang banyak mengandung air atau buah segar seperti semangka, melon, jeruk, belimbing hingga pepaya di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) mengalami peningkatan di musim kemarau seperti saat ini.

Bahkan untuk beberapa buah seperti semangka dan jeruk yang kenaikannya bisa mencapai dua kali lipat dari sebelum musim kemarau. Hal itu diakui oleh Baston, salah seorang pedagang beberapa jenis buah semangka di PIOS.

"Kalau musim kemarau itu kan banyak orang yang mengonsumsi buah-buahan, khususnya buah yang banyak mengandung air karena segar saat dikonsumsi," kata Baston, Minggu (26/9/2020).

Lonjakan permintaan bisa lebih saat memasuki akhir pekan. Sebab selain melayani para pelanggan tetap yang merupakan para pedagang pengecer di pasar Surabaya dan beberapa daerah di sekitarnya, ternyata banyak juga konsumen yang datang ke PIOS untuk membeli langsung di lapaknya yang terdapat di Blok D.

"Selain pedagang pengecer dari Surabaya, Gresik, Lamongan, Sidoarjo, Bangkalan, kalau akhir pekan sering juga ada rombongan keluarga yang belanja langsung ke PIOS. Mungkin sekalian jalan-jalan akhir pekan," ucapnya.

Sementara Ibu Ayu, pedagang jeruk juga mengatakan jika sejak pertengahan September penjualan jeruk di lapaknya juga mengalami peningkatan signifikan.

"Kalau sebelumnya 5 ton baru habis 3 sampai 4 hari. Namun bulan ini rata-rata 5 ton paling lama dua hari sudah habis," terang pedagang asli Bali itu.

Sedang Kusdianto, pedagang pepaya juga sependapat jika memasuki musim kemarau penjualannya mengalami peningkatan, meski dirasa tidak terlalu signifikan.

"Memang ada peningkatan permintaan, tapi tidak sebanyak musim kemarau tahun lalu. Mungkin saja tahun ini sedikit terpengaruh oleh pandemi," ujar Kusdianto.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top