Pilkada Lamongan 2020

YesBro Siapkan Sederet Solusi untuk Sejahterakan Petani di Lamongan

jatimnow.com - Dalam sebuah kesempatan tasyakuran panen raya bersama para petani, Calon Bupati (Cabup) Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi berkomitmen membantu petani.

Yuhronur Efendi yang berpasangan dengan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Abdul Rouf yang disingkat YesBro ini berkomitmen mencarikan solusi bagi para petani untuk membasmi hama tikus.

Komitmen tersebut diutarakan Yuhronur saat menghadiri tasyakuran panen raya petani di Desa Sungegeneng, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan pada Sabtu (26/2/2020) siang.

Menurut Yuhronur, selama ini hama tikus menjadi momok bagi para petani sehingga membuat para petani gagal panen.

"Upaya memberantas tikus dengan menggunakan aliran listrik sejauh ini belum efektif. Bahkan tak jarang justru nyawa petani yang menjadi korban dari jebakan tikus listrik," kata pria yang akrab dipanggil YES itu.

Yuhronur kemudian menawarkan salah satu opsi dalam menangani hama tikus. Di antaranya adalah dengan mengembalikan ekosistem rantai makanan dengan memperbanyak hewan pemakan tikus, seperti ular dan burung hantu.

Upaya lain mengendalikan hama tikus juga bisa dilakukan dengan cara diobati dan dilakukan gerebek tikus massal secara berkelanjutan dan konsisten.

"Ada banyak cara aman dalam mengendalikan hama tikus ini. Pertama dengan cara menambah jumlah rumah burung hantu dengan harapan dapat mengembalikan ekosistem yang ada. Cara lainnya adalah diobati dan gerebek massal," paparnya.

"Dengan cara-cara itu diharapkan tidak ada lagi korban meninggal akibat jebakan tikus listrik tikus. Petani harus sejahtera. Karena petani adalah pahlawan ketahanan pangan. Kontribusinya sangat besar, terlebih di masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini," tambahnya.

Yuhronur yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lamongan membeberkan bahwa kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Lamongan sebesar Rp 39 triliun lebih atau 33,86 persen. Sektor pertanian ini pula yang menjadi penopang utama perekonomian Lamongan.

"Alhamdulillah meskipun di masa Pandemi Covid-19, justru hasil panen petani di Lamongan sangat bagus serta mengalami peningkatan," ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Bank Daerah Lamongan ini.

Selain berkomitmen membasmi hama tikus, Yuhronur juga akan berjuang menjamin keberadaan pupuk bersubsidi bagi para petani, agar tidak sampai kekurangan stok.

"Saya pastikan stok pupuk aman. Kalau kemarin ada sedikit keterlambatan, hal itu hanya karena ada regulasi baru mengenai distribusi pupuk perikanan dan pertanian," pungkas cabup nomor urut 2 itu.

 

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top