Mencicipi Sego Berkat Godhong Jati di Pacitan

jatimnow.com - Pacitan tidak hanya terkenal dengan wisata alam berupa pantai dan goa. Di kabupaten kelahiran Presiden Bambang Susilo Yudhoyono (SBY) itu juga memiliki wisata kuliner yaitu sego berkat godhong jati atau nasi berkat dibungkus daun jati.

Selain menambah kenikmatan, kuliner yang dibungkus daun jati ini juga menjadi pengobat rindu makanan hajatan.

Nasi berkat godhong jati itu tersedia di sebuah warung makan yang berada di Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

"Saya sengaja menyediakan menu sego berkat godhong jati untuk mengobati rasa rindu makanan yang hanya ada ketika hajatan," kata pemilik warung makan, Winarsih, Minggu (20/9/2020).

Satu porsi sego berkat godhong jati terdapat beraneka campuran menu. Mulai dari oseng tempe dicampur cabai hijau, oseng kates, kecambah, peyek dan sedikit serundeng. Sementara lauknya tersedia beberapa pilihan mulai telur hingga daging.

"Kalau harga saya jual Rp 5 ribu per porsi. Jika ingin tambah lauk irisan daging atau ikan laut, harga per porsinya hanya Rp 10 ribu," ujar dia.

Menurutnya, warung makan ini sudah berdiri selama 14 tahun. Banyak pelanggan yang datang memilih dibungkus dan dimakan bersama keluarga di rumah

"Sehari habis 200 sampai 300 bungkus. Ya kalau pengen ke sini pagi saja. Saya mulai buka pukul 05.00 Wib dan pukul 08.00 Wib sudah ludes," pungkasnya.

Salah satu pembeli, Dini Sekar Pangesti mengatakan yang menambah rasa nikmat di makanan ini adalah alas dari daun jati. Selain memberikan aroma, rasa dari makanan yang dibungkus daun jati dianggap lebih nikmat.

"Di sini itu enak, murah dan lengkap. Dan rasanya kaya sego berkat hajatan," katanya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top