Panen Raya dari Jatim, Stok Buah Semangka di PIOS Melimpah

jatimnow.com - Stok buah semangka di Pasar induk Osowilangun Surabaya (PIOS) melimpah.

Buah yang bisa langsung dimakan atau dibuat jus itu didatangkan dari para petani di berbagai daerah di Jatim seperti Lumajang, Jember, Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi.

Beberapa blok di PIOS seperti blok B, C, D, E dan H yang menjadi area lapak pedagang buah terlihat tumpukan semangka yang dikenal memiliki kadar vitamin A, B6 dan C, banyak likopen, antioksidan, dan asam amino, bebas lemak, rendah sodium, dan rendah lemak.

Salah satu pedagang buah di blok H, Witono mengatakan saat ini pasokan semangka melimpah. Hampir setiap hari truk pemasok semangka melakukan bongkar di lapak pedagang pasar yang berlokasi di wilayah Surabaya Barat itu.

"Kalau sudah musim panen ya seperti ini. Barangnya jadi banyak karena tiap hari selalu saja ada pasokan semangka ke lapak-lapak yang dikirim dari berbagai daerah di Jawa Timur," kata Witono, Sabtu (25/7/2020).

Pedagang buah asal Banyuwangi itu melanjutkan, dalam sekali pemesanan rata-rata para pedagang buah di PIOS mendatangkan 7 hingga 8 ton semangka yang diangkut menggunakan truk jenis colt diesel.

Sementara itu, Muhammad Ansori yang juga pedagang buah di Blok H mengungkapkan jika saat panen hampir tiap hari dirinya mendatangkan kiriman semangka 1 truk colt diesel.

Bahkan jika kondisi pasar ramai, dalam sehari bisa dua kali kiriman.

"Ya sekitar Rp 4000 sampai Rp 4500 per kilogram," kata Muhammad Ansori.

Pedagang asal Malang itu menambahkan jika harga tersebut masih bisa turun lagi jika pasokan semangka ke PIOS makin berlimpah.

"Kalau stoknya sudah overload, harganya bisa lebih murah lagi," tandasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top