Kaya Antioksidan, Penjualan Kluwek di PIOS Laku 1 Kuintal dalam 2 Hari

jatimnow.com - Kluwek (kepayang) selain sebagai bahan serta penyedap bumbu untuk membuat masakan tertentu seperti rawon dan brongkos, juga bermanfaat sebagai bahan pengawet ikan segar supaya lebih tahan lama.

Selain itu, empon-empon yang memiliki sumber antioksidan itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan sakit dan terserang virus.

Kluwek juga memiliki sifat antiseptik dan tanin atau zat antimikroba yang ampuh untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

Dengan berbagai macam manfaat itu, kluwek berkualitas menjadi salah satu komoditi yang secara kontinyu dibutuhkan masyarakat dan keberadaan di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) selalu tersedia.

Salah satu pedagang di PIOS, Markini menjelaskan jika pasokan kluwek didatangkannya dari berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kluwek itu berasal dari petani di Malang, Ponorogo dan Pekalongan.

"Kluwek itu dari mana saja ada, tergantung pemasoknya. Kalau saat ini kluwek di lapak saya dipasok distributor dari Pekalongan Jawa Tengah," kata Markini kepada jatimnow.com, Jumat (24/7/2020).

Ia mengaku, guna memenuhi kebutuhan para pelanggan dirinya memesan kluwek satu kuintal dari distributor. Nantinya stok tersebut akan habis dalam 2-3 hari dengan rata-rata sehari bisa menjual kluwek antara 30 sampai 50 kilogram.

"Harga jual kluwek saat ini sekitar Rp 20 ribu per kilogram," terang pedagang asal Ponorogo tersebut.

Markini mengungkapkan jika pasokan kluwek yang dijualnya merupakan olahan sehingga bijinya sudah berwarna coklat tua bahkan mendekati hitam.

"Kluwek yang saya jual ini sudah diproses setengah matang. Biasanya sebelum dilempar di pasaran, kluwek dipanaskan (open) dulu oleh pihak distributor," terang dia sambil menyebut distributor itu diketahui selain memasok di PIOS juga memasok perusahaan-perusahaan bumbu instan yang pabriknya berada di kawasan Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top