Melihat dari Dekat Aktivitas di Pasar Tangguh Semeru PIOS

jatimnow.com - Para pedagang Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Begitu pula dengan semua pengunjung yang datang.

Para pedagang di pasar grosir buah dan sayur yang berlokasi di Benowo, Surabaya itu tak hanya rajin cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dan sarung tangan plastik. Mereka juga menggunakan nampan mini untuk uang saat melakukan bertransaksi.

Menurut Sarijo, pembina PIOS, nampan mini berbahan plastik yang dibagikan manajemen kepada pedagang itu berfungsi sebagai tempat uang saat pembeli dan pedagang bertransaksi.

"Fungsi nampan itu untuk tempat uang saat pembeli membayar dan pedagang memberikan kembalian. Sedang tujuannya untuk menjaga jarak di mana pembeli dan pedagang tidak boleh berdekatan apalagi sampai melakukan kontak fisik," terang Sarijo, Sabtu (18/7/2020).

Langkah manajemen tersebut disambut baik oleh para pedagang. Markini salah seorang pedagang yang lapaknya terletak di Blok F mengakui penggunaan nampan punya tujuan yang baik. Karena itu kini dirinya beradaptasi menggunakan nampan saat melakukan transaksi dengan para pelanggan.

"Supaya pembeli tidak tersinggung, saya beritahu dulu mengenai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di PIOS. Dari pengalaman yang saya lakukan, pembeli mau memahami dan tidak merasa tersinggung," jelas pedagang asal Ponorogo itu.

Markini melanjutkan, setelah memberikan penjelasan, kemudian dirinya meminta pembeli menulis daftar belanjaan yang hendak dibeli.

"Saya sediakan bolpoin dan kertas di dalam nampan. Pembeli tinggal tulis apa saja yang mau dibeli, setelah itu saya total pembayarannya," jelasnya.

PIOS yang berkomitmen menjadi pasar sehat telah dipilih sebagai Pasar Tangguh Semeru oleh Polda Jatim bekerjasama dengan Pangdam V Brawijaya, Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya.

Kini di dalam pasar dibangun Posko Pasar Tangguh Semeru yang juga berfungsi sebagai posko kesehatan, di mana di dalamnya dilengkapi oksigen, alat pelindung diri (APD), obat-obatan, peralatan semprot desinfektan dan lain-lain.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top