jatimnow alexametrics

Transisi New Normal, Aktivitas Para Pedagang PIOS Mulai Bergairah

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Bawang putih pedagang PIOS yang siap dikirim ke luar Pulau Jawa
Bawang putih pedagang PIOS yang siap dikirim ke luar Pulau Jawa

jatimnow.com - Aktivitas para pedagang Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) kini mulai bergairah. Mereka kini melayani pesanan dari pelanggan yang datang dari luar Pulau Jawa.

Meningkatnya pesanan itu seiring diberlakukannya masa transisi menuju kehidupan baru (new normal) usai penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Surabaya Raya.

Geliat usaha tersebut terlihat pada aktivitas sehari-hari di pasar yang terletak di Jalan Raya Osowilangun, Benowo tersebut.

Salah satu pedagang yang sibuk mempersiapkan pengiriman komoditi ke luar Pulau Jawa adalah milik Soni yang terdapat di Blok G. Kepada jatimnow.com, Soni mengaku akan mengirim bawang putih ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Ada pesanan bawang putih dari pelanggan lama yang berasal dari Balikpapan. Totalnya ada 8 ton. Ini sedang persiapan kirim melalui pelabuhan Tanjung Perak," kata Soni, Senin (15/6/2020).

Bawang putih yang dikirim Soni kali ini adalah bawang putih jenis shin chung (sinco) atau yang juga disebut sebagai bawang putih honan yang diimpor dari Tiongkok. Soni mengatakan jika harga jualnya untuk saat ini berkisar antara Rp 11 ribu hingga Rp 11.500.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Alhamdulillah sejak pemerintah memberlakukan masa transisi menuju new normal, beberapa pelanggan lama mulai tanya-tanya perkembangan harga komoditi dan kelancaran pengiriman. Sebagian bahkan sudah order," terang Soni.

Kelancaran distribusi komoditi di PIOS tak hanya terjadi untuk pengiriman ke daerah di Jawa saja. Para pedagang di PIOS merasakan jika pengiriman komoditi dari luar Jawa juga sudah lancar. Hal itu diakui oleh Iwan Pradana yang mengaku pasokan komoditinya akhir-akhir ini kembali lancar.

"Saya datangkan pisang dari Flores tiba tepat waktu, kemudian pesanan nanas dari Mataram juga lancar. Dan sekarang saya sedang mencoba mendatangkan mangga dari Kalimantan Timur. Semoga lancar juga," harapnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg