Simulasi Penanganan Teroris: Pasukan Taifib Bebaskan Sandera di Aceh

jatimnow.com - Pasukan khusus Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut (AL) Intai Amfibi (Taifib) menggelar latihan fungsi 2018 dengan skenario penyelamatan obyek vital di Pulau Sabang, Aceh, Sabtu (1/12/2018). Adegan penyelamatan dilakukan layaknya pasukan khusus dengan gerakan senyap, cepat dan tepat sasaran.

Diceritakan, beberapa obyek vital di Pulau Sabang telah dikuasai oleh kelompok teroris. Pasukan Intai Amfibi ditugaskan untuk merebut kembali obyek vital tersebut dengan senyap, cepat dan tepat.

Pasukan khusus Taifib Marinir TNI AL melakukan serbuan kilat melalui beberapa media yang tak terduga oleh puluhan teroris yang bersenjata lengkap.

Seluruh Tim  menyerbu dari langit, 2 Tim  menggunakan Helikopter dengan Teknik Terjun Tempur (Junpur) menuju ke sasaran dengan Long Range Navigation (LRN). Pasukan langsung melakukan serbuan kilat serta pembebasan sandera di objek vital yang sementara dikuasai musuh.

Selanjutnya, 1 Team Fastrope menggunakan Helly Bell membantu melaksanakan penyeleasaian sasaran dan pembebasan sandera di gedung BPKS.

Semua serbuan pasukan khusus dengan perlengkapan dan persenjataan khusus anti teror ini dilaksanakan dalam hitungan menit. Mendapat serangan senyap dan kilat, para teroris kelabakan. Sebagian melakukan perlawanan namun segera dapat dilumpuhkan, sedangkan sebagian lagi menyerahkan diri.

Komandan Pasmar 1, Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah mengatakan, Latihan fungsi Taifib 2018 di pulau terluar Sabang ini dimaksudkan agar prajurit Marinir dapat mengetahui betul karakteristik seluruh wilayah Indonesia.

"Latihan ini merupakan pembekalan kepada prajurit Taifib agar mereka mengetahui persis karakteristik wilayah Indonesia, coverage area penugasan Marinir dari Sabang sampai Merauke, serta critical-critical point yang harus mereka jaga dan amankan sebagai prajurit Laut," ujar Danpasmar 1.

Lebih lanjut, Danpasmar 1 mengatakan, latihan pasukan Taifib Korps Marinir TNI AL ini bertujuan untuk memelihara, meningkatkan kesiapan mental, fisik, keterampilan taktis dan teknis operasi khusus Intai Amfibi.

Meteri latihan terdiri dari teknik dan taktik aspek kelautan, aspek darat, aspek udara, latihan combain, intelijen, taktik pembebasan sandera, demolisi dan jihandak, penyelamatan pertolongan serta evakuasi.

 

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top