jatimnow alexametrics

Kali Lamong Meluap, 2 Kecamatan di Gresik Terendam Banjir

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Banjir di Gresik (Foto-foto: istimewa)
Banjir di Gresik (Foto-foto: istimewa)

Gresik - Curah hujan yang tinggi membuat sebagian kawasan yang berada di aliran Kali Lamong terendam. Kawasan yang terendam diantaranya adalah Kecamatan Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng, Kabupaten Gresik.

Camat Balongpanggang, M. Jusuf Ansyori mengatakan hujan deras yang berlangsung pada Kamis (4/11) sekitar pukul 14.00 WIB membuat debit air Kali Lamong meluap.

"Sekitar pukul 22.00 WIB, air mulai menggenangi pemukiman warga. Daerah yang terdampak meliputi Desa Banjar Agung, Desa Dapet, Desa Wotansari, Desa Pucung dan Desa Sekarputih," kata Jusuf, Jumat (5/11).

Ia menyebutkan, luapan air kian meluber ke jalan juga merusakkan beberapa fasilitas umum, area pertanian dan jalan yang ada di wilayah kecamatan Balongpanggang.

"Akibat banjir ini, jalan lingkungan desa dan jalan poros desa mengalami kerusakan. Selain itu area pertanian juga rusak sehingga kemungkinan bisa gagal panen," terang dia.

Ansyori menjelaskan banjir ini membuat jalan penghubung antara Desa Banjaragung dan Karangsemanding serta jalan penghubung antara Desa Wotansari dan Sekarputih mengalami kerusakan sehingga jalur tersebut terputus.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Dengan kondisi tersebut aktivitas masyarakat menjadi tersendat karena jalur tersebut merupakan jalur satu-satunya di desa tersebut.

"Tidak ada jalan alternatif di daerah tersebut, karena itu masyarakat tidak bisa beraktivitas seperti biasa," ujar Ansyori.

Ia mengaku bersama Kepala Desa Banjaragung Hargianto mengevakuasi warganya ke tempat yang lebih aman dan membuat dapur umum.

"Semoga genangan air segera surut dan kerusakan jalan bisa diperbaiki," harap Ansyori.

Sementara itu, Kepala BPBD Gresik, Tarso Sagito menyebutkan untuk wilayah Kecamatan Benjeng, luapan Kali Lamong terjadi di Dusun Jemek, Desa Lundo.

Genangan di kawasan tersebut menurutnya masih mencakup wilayah persawahan dengan ketinggian air antara 15 hingga 30 sentimeter.

"Petugas kami terus siaga di lokasi-lokasi yang biasa terdampak banjir Kali Lamong," tegas Tarso.

Berikut daftar desa di Kecamatan Balongpanggang yang terdampak luapan Kali Lamong.

1. Desa Banjaragung, tinggi genangan 10 - 80 sentimeter, 100 rumah terendam, area persawahan 50 hektar, jalan lingkungan kurang lebih 1000 meter.

2. Desa Dapet, tinggi genangan 30 - 60 sentimeter, 50 rumah terendam, area persawahan 30 hektar, jalan poros desa 200 meter, jalan lingkungan 1000 meter

3. Desa Wotansari, tinggi genangan 30 - 80 sentimeter, 175 rumah terendam, 51 hektar sawah terendam, jalan poros desa 750 meter. jalan lingkungan 1000 meter.

4. Desa Pucung, tinggi genangan 20 - 70 sentimeter, 100 rumah terendam, 30 hektar sawah, jalan poros desa 300 meter, jalan lingkungan 1000 meter.

5. Desa Sekarputih, tinggi genangan 20 - 80 sentimeter, 150 rumah terendam, 30 hektar sawah, jalan poros desa 100 meter, jalan lingkungan 1000 meter.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif