jatimnow alexametrics

KPK Limpahkan Berkas Eddy Rumpoko ke Pengadilan Tipikor Surabaya

Editor : Arina Pramudita Reporter : Galih Rakasiwi
Ilustrasi KPK (Foto: dok)
Ilustrasi KPK (Foto: dok)

jatimnow.com - Kasus dugaan gratifikasi yang menjerat mantan Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko pada 2011-2017, dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya oleh Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK).

Hal itu disampaikan oleh juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa (19/10/20210. Menurut Ali, tim jaksa telah selesai melimpahkan surat dakwaan dan berkas terdakwa Eddy Rumpoko ke pengadilan.

"Eddy didakwa dengan Pasal 12 B UU Tipikor juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP atau Pasal 11 UU Tipikor juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP," jelasnya.

Meski sudah dilimpahkan, KPK masih menunggu penentuan jadwal sidang oleh Majelis Hakim. Sidang pertama akan beragendakan pembacaan dakwaan.

Sebelumnya, Eddy Rumpoko sudah divonis bersalah terkait kasus suap pada 2018 lalu di pengadilan yang sama.

Majelis hakim menyatakan Eddy terbukti menerima suap Rp 295 juta dan satu unit mobil Toyota Alphard dari seorang pengusaha.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Eddy dihukum 3 tahun penjara di pengadilan tingkat pertama. Dan diperberat pada tingkat kasasi menjadi 5 tahun 6 bulan penjara.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE