jatimnow alexametrics

Mengintip Langkah Pemkab Gresik Antisipasi Banjir Kali Lamong

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Sahlul Fahmi
Wabup Gresik Aminatun Habibah saat mengikuti acara panen raya di Desa Sukoanyar, Kecamatan Cerme, Selasa (5/10/2021) - (Foto: Istimewa)
Wabup Gresik Aminatun Habibah saat mengikuti acara panen raya di Desa Sukoanyar, Kecamatan Cerme, Selasa (5/10/2021) - (Foto: Istimewa)

jatimnow.com - Wakil Bupati (Wabup) Gresik Aminatun Habibah menyebut bahwa masalah pengairan untuk lahan pertanian dan banjir Kali Lamong telah menjadi fokus pemerintah daerah.

Permasalahan tersebut juga tertuang dalam program Nawa Karsa dalam kepemimpinannya bersama Bupati Fandi Akhmad Yani.

Hal itu disampaikan Bu Min-sapaan akrabnya, saat menggelar sesi tanya jawab usai mengikuti panen raya dalam acara 'Sapa Petani' di Desa Sukoanyar, Kecamatan Cerme, Selasa (5/10/2021).

"Saat ini sudah dimulai penanggulangan banjir Kali Lamong. Pembebasan tanah dan normalisasi juga sudah dimulai sebagai salah satu usaha sehingga ketika musim hujan tidak banjir. Jadi panjenengan tandur niku (anda menanam itu) tenang," jelas Bu Min.

Bu Min menjelaskan, pengerukan sungai yang saat ini dilakukan bertujuan agar kedalaman sungai tidak semakin dangkal. Dengan begitu debit air waktu musim hujan mampu ditampung dan tidak meluber ke daerah sekitar.

"Ini sudah menjadi keinginan pak bupati dan saya. Kali Lamong selain dikeruk, juga dibuatkan sudetan untuk mengisi waduk-waduk yang nantinya akan digunakan untuk mengairi lahan pertanian waktu musim kemarau," terang dia.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Permasalahan banjir Kali Lamong selama ini masih menjadi permasalahan serius bagi masyarakat Gresik selatan, khususnya para petani yang berada di Kecamatan Balongpanggang, Benjeng dan Cerme.

Bahkan banjir Kali Lamong seolah telah menjadi tradisi tahunan yang dampaknya sangat merugikan warga. Karena itu, hal yang wajar jika warga sekitar Kali Lamong terus berharap kepada pemerintah untuk mengatasi permasalahan itu secara kongkrit.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/player-manggis-potrait.jpg