jatimnow alexametrics

4 Makanan Khas Suro di Indonesia dari Apam hingga Ingkung

Editor : Arina Pramudita
ilustrasi peringatan 1 Suro. Dok jatimnow.com
ilustrasi peringatan 1 Suro. Dok jatimnow.com

jatimnow.com - Datangnya tahun baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriyah, dirayakan dengan beragam cara sesuai dengan daerah di nusantara. Salah satunya dengan menikmati kuliner khas Suro.

Berikut makanan yang identik dengan perayaan 1 Suro dirangkum dari tradisi di Indonesia.

foto Wikipediafoto Wikipedia

1. Kue Apam atau Apem

Siapa tidak mengenal kue berbahan tepung beras ini. Variannya yang semakin kaya, membuat apem kini disajikan dengan beragam bahan lain seperti nangka dan tape singkong. Apem melambangkan ucapan syukur sebagaimana saduran dalam bahasa Arab "Affan" yang bermakna ampunan.

dok jatimnow.comdok jatimnow.com

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

2. Tumpeng

Sajian tumpeng bisa dijumpai diberagam perayaan nusantara. Tradisi mengarak tumpeng atau memakannya bersama-sama juga dilakukan saat memperingati 1 muharrram. Lauk pendampingnya yakni olahan daging ayam, sayuran dan sambal. Tumpeng untuk perayaan biasanya menggunakan nasi kuning.

dok jatimnow.comdok jatimnow.com

3. Bubur Suro

Seperti namanya, bubur ini memang khusus disajikan saat 1 Suro. Bubur bersantan ini bisa dijumpai di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera Selatan.

Berbumbu jahe, serai, dan aneka rempah lainnya, bubur suro mengandung banyak filosofi. Uba rampe atau makna datangnya Tahun Baru Islam

Tak itu saja, bubur suro ini juga penuh dengan filosofi karena jadi uba rampe atau alat untuk memaknai datangnya Tahun Baru Islam. Bubur suro ditaburi tujuh jenis kacang dan toping yang berbeda setiap daerah.

dok jatimnow.comdok jatimnow.com

4. Ayam Ingkung

Sajian ini juga menjadi pertanda perayaan 1 Suro. Dimasak untuk dimakan bersama warga kampung atau sanak kerabat. Sebelum menikmatinya, doa dilantunkan sebagai ucapan syukur dan terima kasih atas karunia Tuhan.

Ayam ingkung adalah sajian ayam kampung utuh yang diolah bersama dengan rempah seperti kunyit. Waktu memasaknya bisa menelan waktu berjam-jam.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif