jatimnow alexametrics

Untag Surabaya Bagikan Tips Membuat Jurnal Dan Karya Tulis Ilmiah

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Webinar kolokium yang digelar Prodi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Untag Surabaya
Webinar kolokium yang digelar Prodi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Untag Surabaya

jatimnow.com - Prodi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Untag Surabaya gelar webinar kolokium bertajuk "Academic Writing Tools dan Research Gap & Novelty: Bibliometric VOSviewer". Webinar menghadirkan pemateri yang ahli di bidangnya masing-masing, Sabtu (10/7/2021).

Pemateri pertama, Andi Indrawati dari Untag Samarinda menyebutkan, VOSviewer digunakan untuk memvisualisasikan bibligrafi atau data set yang terisi field bibliografi, yaitu seperti judul, pengarang, penulis hingga jurnal.

"Dalam dunia penelitian, VOSviewer digunakan untuk menganalisa bibliometrik, mencari topik yang memungkinkan masih ada peluang untuk diteliti. Selain itu juga untuk mencari referensi, baik yang sudah digunakan atau belum digunakan dengan cara mapping artikel," ujar Indrawati.

Sementara pemateri terkait Academic Writing Tools, Supangat menyampaikan, terdapat beberapa tools yang sangat bermanfat dan memberi banyak kemudahan dalam dunia penulisan karya ilmiah.

"Tools berbasis website seperti jurnal guide ini akan memudahkan kita menemukan jurnal yang berkaitan dengan objek yang kita teliti. Ada juga quillbot yang sangat membantu kita dalam melakukan parafrase penulisan ilmiah. Hal ini supaya tidak terdeteksi aspek plagiatnya," ujar kandidat Ph.D (gelar doktor filsafat) Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Malaysia tersebut.

Supangat juga menyebut bahwa publisher yang baik adalah publisher yang memberi banyak kepastian dan tidak terkesan mengabaikan. Hal tersebut menurutnya merupakan indikasi pengelolaan sitem yang baik.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Publisher yang bagus itu pasti menunjukkan informasi mengenai batas waktu sampai tanggal berapa jurnal dapat disubmit dan mendapat respon. Ini menunjukkan pengelolaan yang bagus, karena paham seperti apa tanggungjawab sebagai publisher," tambah Dosen Informatika Untag Surabaya itu.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif