jatimnow alexametrics

Dramatis! Swiss Lolos ke 8 Besar Euro 2020 Usai Tendangan Penalti Mbappe Gagal

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Reaksi Kylian Mbappe dari Prancis setelah gagal mencetak gol ke gawang Swiss (Foto: Marko Djurica/Pool Photo via AP via Republika)
Reaksi Kylian Mbappe dari Prancis setelah gagal mencetak gol ke gawang Swiss (Foto: Marko Djurica/Pool Photo via AP via Republika)

jatimnow.com - Swiss mampu bangkit hingga menyudahi perlawanan Prancis di Stadion Arena Nationala pada Selasa (29/6/2021) dalam babak 16 besar EURO 2020. Swiss menang usai tendangan Mbappe dimentahkan dalam babak adu penalti yang berujung skor 5-4.

Pada 15 menit babak pertama, Prancis mendominasi permainan berkat materi pemain luar biasa. Trio Griezmann-Benzema-Mbappe terus mengancam gawang Swiss secara bergantian. Swiss hanya sesekali menyerang, salah satunya dari usaha Breel Embolo.

Namun, Swiss malah unggul lebih dulu pada menit ke-16. Umpan lambung ciamik Steven Zuber sukses dimanfaatkan Haris Seferovic dengan menyundul bola ke sisi kiri gawang tanpa bisa dijangkau Hugo Lloris.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Berselang 15 menit kemudian, serangan Prancis belum menemui tujuan. Usaha Mbappe membelokkan tendangan bebas dari luar kotak penalti hanya membentur pagar betis Swiss.

Lalu tendangan rebound-nya juga meleset jauh dari kiri gawang. Adrien Rabiot sempat melepaskan tembakan dari pinggir kotak penalti, tapi meleset tipis dari kanan gawang.

Swiss pun belum bisa menambah skor. Sundulan Embolo pada menit ke-31 buah respons kilatnya malah tak mengarah ke gawang. Serangan lain yang dibangun Swiss belum memberi ancaman berarti.

Walau Prancis mendominasi lapangan tengah, serangan mereka cenderung tumpul. Serangan Prancis tak mencapai gawang atau dimentahkan bek Swiss.

Hingga turun minum, keunggulan sementara Swiss atas sang juara Piala Dunia 2018 tak terelakkan lagi.

Prancis langsung menekan Swiss pada awal babak kedua. Namun, sempat terjadi penghentian permainan pada menit ke-53 karena wasit mengecek pelanggaran di kotak penalti lewat VAR. Ricardo Rodriguez menyiakan kesempatan mencetak skor dari dari titik putih. Dia berusaha memasukkan bola ke sudut kiri bawah gawang, tapi Hugo Lloris sukses lakukan penyelamatan.

Tak lama berselang, petaka tiba bagi Swiss. Mbappe mengolah bola dengan baik untuk mengumpan ke Benzema yang melepaskan tembakan jarak dekat dan masuk ke sudut kiri bawah gawang pada menit ke-57.

Seolah kehilangan fokus, Swiss kembali kebobolan dua menit kemudian. Kali ini giliran Griezmann yang mengirim bola ke Benzema yang dengan sundulannya menjebol gawang Swiss.

Pada menit ke-68, Prancis nyaris memperlebar keunggulan. Pogba melepaskan operan lewat celah sempit untuk Mbappe, tetapi Yann Sommer tampil sigap menggagalkan peluang itu.

Adapun anak asuhan Vladimir Petkovic tak kunjung memberi perlawanan berarti. Malah, Pogba yang melepaskan tendangan melengkung luar biasa pada menit ke-75 hingga menjebol gawang Swiss.

Swiss menunjukkan semangat tak pantang menyerah lewat gol kedua Seferovic pada menit ke-81. Seferovic berlari menyambut umpan lambung dari Kevin Mbabu dan mengarahkan sundulan ke gawang.

Swiss hampir menyamakan skor empat menit kemudian bila tendangan jarak dekat Mario Gavranovic tak dianulir wasit karena offside. Gavranovic akhirnya sukses mencetak gol sekaligus menyamakan skor pada masa injury time berkat umpan manis Xhaka yang menerobos barikade pertahanan Prancis.

Babak tambahan

Pada babak pertama perpanjangan waktu, duel terlihat makin keras di lini tengah. Kedua tim ngotot ingin keluar sebagai pemenang. Kante dan Pogba harus berjibaku memenangkan duel di lini tengah bila tak mau diserbu Swiss.

Peluang Benjamin Pavard gagal menguntungkan Prancis di menit ke-95 karena tembakannya masih mampu dijangkau Sommer. Tiga menit kemudian, tembakan Kingsley Coman setelah melakukan dribble solo masih melebar. Coman memanfaatkan serangan balik usai operan Kevin Mbabu dimentahkan.

Moussa Sissoko memperoleh crossing dari sisi lapangan di menit ke-102 untuk melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi bola terbang jauh ke luar lapangan. Serangan balasan Swiss semenit kemudian lewat tendangan sudut gagal berbuah hasil. Tak ada gol tercipta selama babak pertama perpanjangan waktu.

Masuk babak kedua perpanjangan waktu, kedua tim saling berusaha menjatuhkan satu sama lain. Mbappe memainkan umpan satu-dua dengan Olivier Giroud, tapi pergerakan ini bisa disetop. Tendangan Mbappe di menit ke-108 juga masih melebar. Semenit berselang Mbappe yang dapat peluang emas kedua kembali gagal. Ia nampak kesakitan.

Swiss sempat membuat beberapa peluang, namun tak menemui sasaran. Swiss terus digempur, terutama dari sisi kanan gawang. Hanya saja, peluang itu belum bisa dikonversi Prancis menjadi gol.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif