jatimnow alexametrics

Lima Gelandang Terbaik di Euro 2020

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Paul Pogba (Foto: EPA-EFE/SEBASTIEN NOGIER via Republika)
Paul Pogba (Foto: EPA-EFE/SEBASTIEN NOGIER via Republika)

jatimnow.com - Pentas Euro 2020 resmi tuntas setelah Italia keluar sebagai juara lewat drama adu penalti di final kontra Inggris, Senin (12/7) WIB.

Itu merupakan gelar Euro pertama bagi Italia setelah terakhir kali meraihnya pada 1968 lalu.

Di satu sisi, kemenangan Italia bukan tanpa peran bagi pemain yang berposisi sebagai gelandang. Pun dengan tim lainnya, mengingat sektor tengah merupakan hal krusial bagi sebuah tim.

Laman Sportskeeda pada Selasa (13/7), merangkum lima gelandang terbaik selama Euro 2020 berlangsung. Berikut daftarnya.

1. Paul Pogba

Pogba mungkin bukan pemain yang bisa menjaga konsistensi dalam waktu panjang. Kemampuannya menggiring bola, duel di udara, hingga mencetak gol bisa di atas rata-rata dalam beberapa pertandingan. Namun di laga yang lain, performanya mendadak jadi medioker dan tidak berkontribusi banyak untuk tim.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Namun dengan performanya, Prancis bisa sedikit menunjukkan tajinya sebagai juara Piala Dunia 2018. Ini berkat performa Pogba yang mencatat lima umpan terobosan akurat selama Euro 2020 sekaligus menjadi yang tertinggi dibandingkan pemain lain. Sayangnya, langkah Prancis harus dihentikan Swiss di babak 16 besar lewat adu penalti.

2. Marco Verratti

Italia dinilai beruntung memiliki Verratti yang menjaga lini tengah. Berkat itu, Gli Azzuri dapat menyelesaikan Euro 2020 tanpa sekalipun kalah. Keseimbangan Verratti menjaga tempo dan distribusi bola dibuktikan lewat catatan delapan tekel dan 14 peluang. Angka itu merupakan yang terbanyak selama Euro berlangsung.

3. Declan Rice

Inggris mungkin gagal meraih trofi Euro pertamanya dalam sejarah. Namun, performa para pemain skuat Tiga Singa perlu mendapat apresiasi tersendiri, terutama di sektor tengah.

Peran Declan Rice dianggap sangat penting mengingat gelandang West Ham United itu berhasil membawa klubnya lolos ke Liga Europa. Kegemilangan juga ia bawa ke level timnas karena selalu tampil di setiap laga Euro 2020. Rice mencatat 12 intersep plus tujuh tekel sepanjang turnamen.

4. Pedri

Gelandang berusia 18 tahun itu digadang-gadang bakal menjadi pemain penting timnas Spanyol. Kemampuannya mengendalikan bola dan operannya dinilai efektif menghidupkan permainan La Furia Roja.

Penggawa Barcelona itu mencatat lima operan kunci yang berbuah gol dengan 91 persen akurasi operan. Angka ini merupakan salah satu yang tertinggi dibandingkan pemain lain. Otomatis, Pedri mendapat penghargaan sebagai pemain muda terbaik Euro 2020.

5. Jorginho

Selain Verratti, Italia memiliki pemegang peran kunci lain bernama Jorginho. Peran gelandang Chelsea itu dipercaya menjadi salah satu faktor Gli Azzuri merebut juara Euro 2020.

Jorginho tercatat menjelajah sejauh 86,6 kilometer tanpa lelah sehingga menjadikannya pemain dengan jarak tempuh terjauh. Ia juga membukukan sapuan bola sebanyak 46 kali, 497 operan, dengan 93 persen akurasi.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif