jatimnow alexametrics

Antisipasi Varian Baru Covid, Perusahaan ini Gelar Tes Kesehatan Bagi Karyawan

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Farizal Tito
Antisipasi Varian Baru Covid, Perusahaan ini Gelar Tes Kesehatan Bagi Karyawan

jatimnow.com - Mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 varian baru, ratusan karyawan PT Teknindo Geosistem Unggul melakukan general check up.

Upaya ini dilakukan untuk tracing paska meledaknya kasus Covid-19 di Bangkalan, Madura.

Direktur Utama PT Teknindo Geosistem Wahyu P Kuswanda mengatakan sekitar 100 karyawan yang menjalani pemeriksaan kesehatan tersebar di beberapa proyek.

Mulai Surabaya, Jakarta, Bandung, dan Palembang. Selain itu agenda ini merupakan implementasi dari sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (SMK3) standar ISO 45000.

"General check up kali ini dilaksanakan lebih awal sekaligus pelaksanaan swab antigen. Mengingat dalam beberapa hari terakhir terjadi lonjakan kasus di Bangkalan. Apalagi Pemkot Surabaya juga melakukan tracing di perbatasan Suramadu," katanya, Selasa (15/6/2021).

Ia menambahkan, sejak pandemi Kepala Satgas Covid-19 di tempatnya telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Setiap dua bulan sekali ketika ada kasus ataupun tidak, perusahaan tetap melakukan tes antigen untuk seluruh karyawan.

"Namun misal ada kondisi khusus seperti ledakan kasus di Bangkalan, perusahaan memajukan jadwal tes antigen yang kali ini bebarengan dengan medical check up. Karena kita juga segera ingin mengetahui apakah ledakan di Bangkalan itu berdampak di kantor kami," tandasnya.

Kasatgas Covid-19 PT Teknindo Geosistem Unggul, Fery firman Santoso menjelaskan perusahaan telah melakukan pemeriksaan kesehatan berkala bagi karyawan sesuai undang-undang.

Yakni Permenaker Nomor 2 Tahun 1980 yang mengatur bahwa perusahaan wajib melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap karyawan.

Sementara itu, dalam kondisi pandemi sesuai Surat Edaran (SE) Menaker Nomor 7 Tahun 2020 pemeriksaan kesehatan ini boleh ditunda karena memperhatikan kondisi pandemi. Dalam surat edaran tersebut juga diatur kapan pemeriksaan kesehatan bisa kembali dilaksanakan.

"Nah, di tahun 2021 kita mencoba melakukan kembali sesuai protokol kesehatan yang ada bersama pihak laboratorium," ujarnya.

Salah satu karyawan PT Teknindo Geosistem Unggul di Perkantoran SIER, Fatma Nuriyanti sangat mendukung giat tersebut.

"Perusahaan melakukan MCU dan swab ini karena mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Surabaya untuk mengetahui kondisi kesehatan kita sebagai karyawan perusahaan," kata dia.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE