jatimnow alexametrics

Italia Benamkan Turki di Laga Pembuka Euro 2020

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Foto: Football Italia via Republika
Foto: Football Italia via Republika

jatimnow.com - Italia meraih hasil positif pada laga perdana penyisihan Grup A Euro 2020 melawan Turki di Stadion Olimpico, Roma, Sabtu (12/6/2021) dinihari WIB.

Azzuri menang 3-0 berkat gol bunuh diri Merih Demiral dan gol Ciro Immobile serta Lorenzo Insigne.

Italia tertahan tanpa gol pada babak pertama. Meski mendominasi permainan, Italia kesulitan menjebol gawang Turki hingga jeda.

Italia langsung menekan Turki dengan tempo tinggi sejak pertandingan dimulai. Ciro Immobile pun menciptakan peluang emas ketika laga berjalan tiga menit. Striker Lazio itu melakukan tembakan dari sisi kanan gawang Turki. Namun masih melenceng tipis.

Adapun Turki terpaksan menunggu kesempatan bagus untuk menyerang ke pertahanan Italia. Pasalnya, gawang mereka terancam dengan serangan bertubi-tubi tim Azzuri sehingga berisiko jika bermain menyerang.

Pada menit ke-18, Lorenzo Insigne mendapatkan peluang melalui skema umpan satu dua. Tetapi tendangan plesingnya masih melebar ke kanan gawang Turki. Italia benar-benar tak memberikan Turki mendekat ke area pertahanannya.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Seluruh lini Italia bermain bagus. Pertahanan yang dipimpin Giorgio Chiellini sangat tangguh untuk ditembus Hakan Calhanoglu dan kawan-kawan. Para gelandang Italia juga sangat dominan di lini tengah sehingga nyaman mengatur alur permainan.

Pada menit ke-33, Immobile mendapatkan peluang lewat sundulan setelah menerima umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Turki. Tetapi sundulannya masih melebar.

Turki mendapatkan peluang bagus ketika menit ke-35 mereka melakukan serangan balik. Umpan silang dari sisi kanan pertahanan Italia masih bisa dipatahkan setelah Donnarumma keluar dari sarangnya untuk menepis bola. Hingga babak pertama berakhir skor bertahan 0-0.

Italia tetap mendominasi permainan pada babak kedua. Namun Turki bermain lebih lepas. Beberapa ancaman mereka ciptakan salah satunya dibuat Cengiz Under pada menit ke-51. Namun tembakannya masih bisa diblok.

Italia akhirnya unggul 1-0 pada menit ke-53 setelah Merih Demiral melakukan gol bunuh diri. Pemain Juventus tersebut menghalau bola umpan dari Domineco Berardi dari sisi kanan gawang Turki. Namun halauannya justru mengarahkan bola ke gawangnya sendiri.

Italia menambah keunggulan menjadi 2-0 ketika Ciro Immobile mencetak gol pada menit ke-66 memanfaatkan bola rebound. Tertinggal dua gol, Turki mencoba keluar menyerang. Tetapi usaha mereka selalu kandas oleh para pemain Italia.

Lorenzi Insigne membawa Italia unggul 3-0 pada menit ke-79 ketika tendangan plesingnya dari sisi kanan menjebol gawang Turki. Ia melakukan penyelesaian baik ketika mendapatkan assist dari Immobile. Gol tersebut sekaligu gol penutup dalam laga tersebut.

 

Lihat Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE