Vaksinasi untuk Ribuan Calon Jemaah Haji Banyuwangi Dipercepat

jatimnow.com - Pemkab Banyuwangi mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk Calon Jemaah Haji (CJH) Tahun 2021. Terdapat 1.049 CJH yang menjalani vaksin tahap pertama di 5 rumah sakit.

"Alhamdulillah tadi saya cek semuanya berjalan lancar, tidak ada kendala berarti. Vaksinasi ini adalah ikhtiar, kita berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini bisa lancar dan aman," ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi CJH, di RS Graha Medika, Rabu (31/3/2021).

Vaksinasi tahap pertama yang digelar Selasa-Rabu (30-31/3/2021) ini dilakukan di rumah sakit karena mayoritas CJH telah lanjut usia (lansia), sehingga termasuk berisiko tinggi.

"Vaksinasi ini sebagai salah satu syarat CJH bisa berangkat. Saya minta bapak dan ibu terus menjaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan. Semoga berangkat dan pulang dengan selamat serta sehat, ibadahnya mabrur, InsyaAllah," ujar Bupati Ipuk.

Bupati Ipuk meminta kepada CJH selama pelaksanaan vaksinasi tetap taat prosedur. Mulai verifikasi data, pemeriksaan kesehatan fisik, lalu divaksin, pencatatan dan tetap harus menunggu untuk melihat apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak.

"Apabila ada keluhan, segera lapor petugas kesehatan," tambahnya.

"Sehat-sehat ya semuanya bapak-ibu. Kita tunggu detail teknis pelaksanaan ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi dan Kementerian Agama. Saya titip doakan untuk Banyuwangi dan Indonesia agar kita semua bisa melewati pandemi ini dengan baik," ucap Bupati Ipuk.

Salah seorang CJH peserta vaksinasi, Suhardi, asal Desa Purwoharjo berharap agar tahun ini bisa berangkat haji.

"Semoga diberi kesehatan dan keselamatan dan yang terpenting tahun ini bisa berangkat," ungkapnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top