Aktivitas PIOS Mulai Ramai, Para Pedagang Kembali Semangat

jatimnow.com - Para pedagang di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) tetap menjalankan aktivitas dengan normal meski di tengah Pandemi Covid-19.

Tak dapat dipungkiri, Pandemi Covid-19 memang sempat membuat perputaran ekonomi di PIOS tidak stabil. Namun hal itu tidak menyurutkan mental pedagang pasar PIOS.

Para pedagang di pasar grosir sayur dan buah yang berlokasi di Kecamatan Benowo, Surabaya itu tetap bersemangat melayani pelanggan.

Salah satu pedagang buah yang memiliki lapak di Blok B, I Gusti Bagus Aryawan mengaku jika awal pandemi sempat hampir putus asa dengan pekerjaan yang telah digelutinya selama bertahun-tahun itu. Dirinya bahkan sempat berhenti berjualan dan pulang ke Bali.

Namun seiring berjalannya waktu, dirinya kembali ke PIOS dan berjualan lagi aneka macam buah-buahan yang dia datangkan langsung dari petani di berbagai daerah seperti Bali, Jember, Banyuwangi, dan kabupaten lainnya.

"Saya sempat pulang ke Bali. Tapi setelah beberapa waktu di sana hati saya berkata lain. Keinginan saya kembali ke PIOS cukup besar. Karena itu saya ke sini dan kembali berjualan apapun risikonya," kata Bagus Aryawan, Sabtu (27/2/2021).

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Mujiono yang lapaknya bertetanggaan dengan lapak milik Bagus Aryawan. Mujiono mengaku sempat sulit di awal pandemi tetapi dirinya tidak sampai menutup lapaknya. Dengan penuh kesabaran Mujiono tetap melayani pelangganya.

"Penjualan tentu tidak seperti sebelum pandemi. Tapi bagaimana lagi, pekerjaan saya memang pedagang buah. Jadi ya hanya ini yang bisa saya lakukan," kata Mujiono.

Ia melanjutkan jika awal-awal pandemi adalah masa-masa sulit yang dia alami. Pedagang asal Malang itu menyebut jika pengalaman ini merupakan pertama yang dialaminya semenjak dirinya telah puluhan tahun menjadi pedagang buah.

"Selama saya jadi pedagang buah ya pandemi ini masa yang paling berat. Saya kira para pedagang lain juga alami hal yang sama," ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, kondisi PIOS saat ini mulai ramai kembali. Kondisi itu membuat para pedagang kembali bersemangat berjualan.

"Kini saya juga sudah mulai berani mendatangkan berbagai macam jenis buah dari petani di berbagai daerah. Kalau kembali seratus persen memang belum. Tapi setidaknya kondisi pasar saat ini sudah lebih baik dibanding awal -awal pandemi dulu," pungkas Mujiono.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top