jatimnow alexametrics

Mengenal Ayup, Pemuda Ponorogo Penakluk King Kobra

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Ayup bersama king kobra peliharaannya
Ayup bersama king kobra peliharaannya

jatimnow.com - Pemuda 24 tahun bernama Ayup Wellyansyah bisa disebut penakluk hewan buas. Warga Desa Singosaren, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo ini begitu akrab dengan ular kobra maupun piton yang dipeliharanya.

Di rumahnya itu, Ayup memelihara seekor king kobra sepanjang 4,3 meter dengan berat 8 kilogram serta empat ekor ular piton. Setiap hari, Ayub mencium dan memeluk ular-ular peliharaannya. Padahal hewan reptil ini dikenal mematikan bagi manusia.

"Sukanya sudah lama. Dari TK sih. Awalnya mainan di sawah melihat ada ular. Malah saya jadikan mainan. Yang lain, rekan seumuran saya kabur," tutur Ayup, Sabtu (26/12/2020)

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Namun kecintaannya terhadap hewan-hewan mematikan itu sempat ditentang keluarga, karena khawatir akan keselamatannya. Hanya saja Ayub berhasil meyakinkan keluarganya bahwa hobinya ini bisa membawa kebaikan bagi semua orang. Karena itu orangtuanya mengizinkan.

"Saat usia saya 18 tahun akhirnya dibolehin pelihara ular. Tapi dengan catatan kandangnya harus yang aman," papar Ayup.

Dari situ Ayup memilih ular piton dan king kobra untuk dipelihara. Akan tetapi sebelum memelihara king kobra, Ayup mengaku sempat diajari oleh seniornya. Bagaimana teknik yang harus dilakukan saat king kobra mulai keluar insting buasnya.

"King kobra ini habisnya delapan ekor ular sawah untuk makan," jelasnya.

Semua ular yang dipelihara Ayup sudah diberi nama. King kobra ia beri nama Ramon. Sedangkan yang lain bernama Askara, Codet, Ucok dan Ucil.

Ayub mengaku jika king kobra biasanya suka dengan kandang yang bersih dan luas. Untuk itu dia menyiapkan kandang berukuran tiga meter persegi.

"Sama daun bambu itu yang banyak, kalau kotor juga langsung dibersihkan. Soalnya gampang kena pilek," tambahnya.

Jika king kobra pilek, ada cara sendiri. Biasanya tidak dimandikan terlebih dahulu. Padahal semestinya jadwal mandinya satu minggu dua kali. Ayup mengaku juga sering terkena taring king kobra peliharaannya. Namun dia punya trik khusus supaya terhindar dari bisa beracun.

"Ada cara sendiri kalau saya. Tapi saya tidak bisa memberitahu," pungkas Ayup.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif