jatimnow alexametrics

Butuh Penyedap Masakan? Asam Kandis Tersedia di PIOS Lho

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Sahlul Fahmi
Salah satu pedagang di PIOS menunjukkan asam kandis yang dijualnya
Salah satu pedagang di PIOS menunjukkan asam kandis yang dijualnya

jatimnow.com - Sebagai salah satu penyedap masakan, asam kandis bisa dengan mudah ditemukan di beberapa lapak di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) Jalan Raya Osowilangun, Benowo, Surabaya atau di antara Exit Tol Romokalisari dan Gerbang Pelabuhan Teluk Lamong.

Salah satu lapak yang menyediakan asam kandis berkualitas di PIOS adalah lapak MMC Mart yang berada di Blok G. Indra pemilik lapak mengatakan, dirinya mendatangkan asam kandis langsung dari kawasan Sumatera yang selama ini dikenal sebagai sentra asam kandis.

"Asam kandis ini banyak tumbuh di daerah Sumatera, terutama di Sumatera Selatan dan Sumatera Barat," kata Indra saat ditemui jatimnow.com di lapaknya, Selasa (15/12/2020).

Indra menambahkan bahwa asam kandis ini awalnya buahnya berbentuk bulat yang kemudian diiris tipis-tipis dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari sampai benar-benar kering.

Karena itu warna dari asam kandis yang telah diproses adalah merah kecoklatan. Dan asam kandis yang telah diproses bisa tahan meski disimpan bertahun-tahun.

Sedangkan untuk kegunaan asam kandis adalah sebagai bahan penyedap bagi aneka macam masakan khas Sumatera seperti rendang, kari serta pindang ikan dan sebagainya. Selain digunakan sebagai penyedap masakan, asam kandis juga bisa dijadikan selai.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

"Ya hampir rata-rata masakan Padang banyak yang menggunakan campuran bumbu asam kandis. Banyak pelanggan saya adalah pengusaha rumah makan masakan Padang," terang Indra.

Di lapaknya, pedagang asli Surabaya ini telah mengemas asam kandis dengan rapi dalam takaran 1 kilogram. Sedang untuk harga asam kandis di lapak Indra per kilonya Rp 30 ribu.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE