jatimnow alexametrics

Puluhan Hiu Tutul Terlihat di Perairan Laut Probolinggo

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mahfud Hidayatullah
Hiu tutul di perairan Probolinggo
Hiu tutul di perairan Probolinggo

jatimnow.com - Bersamaan dengan musim hujan, puluhan hiu tutul atau hiu paus terlihat di perairan laut Probolinggo.

"Iya kalau sudah musim penghujan, hiu tutul mulai datang ke laut Probolinggo," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto, Kamis (10/12/2020).

Ia menjelaskan, hiu tutul tersebut datang ke perairan Probolinggo mulai wilayah Paiton, Mayangan hingga Tongas. Kawasan hiu tutul tersebut biasanya bergerombol hingga 40 ekor lebih.

"Biasanya hiu tutul ini akan bertahan di Probolinggo mulai November sampai dengan April dan kembali ke habitat laut aslinya," jelasnya.

Menurutnya, binatang ini tidak membahayakan karena hiu tutul merupakan jenis mamalia yang jinak.

"Hiu tutul ini merupakan hewan mamalia yang imigrasi dari Laut Australia untuk mencari makan plankton di area laut Probolinggo," tegas Sugeng.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/gempur-rokok-ilegal-portrait-1.jpg

Biasanya munculnya hiu tutul tersebut bisa menjadi daya tarik masyarakat dan wisatawan untuk melihatnya dengan menaiki perahu nelayan.

"Karena situasi Pandemi Covid-19, masyarakat jika ingin melihat hiu tutul tersebut untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah," tandasnya.

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif