Viral Video Puting Beliung Bikin Panik Warga Probolinggo

jatimnow.com - Video berisi puting beliung disebut di depan Pasar Pajarakan Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, viral di media sosial.

Dalam postingan beberapa akun di Facebook dan Instagram, puting beliung itu disebut terjadi sekitar pukul 16.00 Wib, Minggu (20/9/2020).

Dalam video berdurasi 0,18 detik yang diunggah akun Facebook Yani Mulyani dan akun Instagram Info Probolinggo terdengar teriakan histeris emak-emak hingga menyebabkan kepanikan warga lain.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo, Sugeng Suprisayoga membenarkan bahwa puting beliung itu memang sempat terjadi di depan Pasar Pajarakan.

"Namun angin puting beliung atau orang Probolinggo menyebutnya angin lak palak rain tersebut tidak terlalu besar dan terjadi dalam waktu hanya sebentar," ujar Sugeng, Senin (21/9/2020).

Sugeng menjelaskan, puting beliung sangat membahayakan, sehingga warga perlu waspada.

"Jangan sampai di bawah pohon apalagi sampai mendekati angin puting beliung tersebut," ujarnya.

Sugeng menyebut bahwa puting beliung biasa terjadi saat musim hujan. Namun peristiwa kemarin terjadi di musim kemarau lantaran saat ini musim kemarau basah.

"Sehingga angin puting beliung bisa terjadi meski di tengah kemarau. Saya berharap agar warga lebih berhati-hati dan tidak panik bila melihatnya," tandas Sugeng.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top