Pilwali Surabaya 2020

Negatif Covid-19, Machfud Arifin-Mujiaman Jalani Tes Psikologi

jatimnow.com - Pasangan Bakal Calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Surabaya, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno menjalani tes lanjutan setelah sehari sebelumnya menjalani tes swab.

"Berdasarkan jadwal kami sejak kemarin sampai tanggal 19 September pemeriksaan kesehatan," ujar Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi, Jumat (18/9/2020).

Machfud Arifin-Mujiaman memang melakukan tes swab yang kedua kalinya pada Kamis (17/9/2020). Sedangkan hari ini, pasangan calon yang diusung koalisi 8 partai, PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP, NasDem, Golkar dan PKS, serta 1 partai pendukung dari Perindo itu menjalani tes kesehatan lanjutan dan tes psikologi di Graha Amerta, RSU dr Soetomo.

Menurut Nur Syamsi, pada pemeriksaan swab yang pertama dan hasilnya baik, maka pasangan calon bisa melanjutkan pemeriksaan kesehatan lanjutan serta psikologi. Bila hasilnya tidak baik, tes lanjutannya akan diundur.

Nur Syamsi menyebut telah menerima arahan dari RSU dr Soetomo bahwa Machfud Arifin-Mujiaman bisa melanjutkan tes kesehatan.

"Memang betul hari ini bapaslon (Machfud Arifin-Mujiaman) melakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan. RSU dr Soetomo menelepon ke kami agar bapaslon melakukan pemeriksaan lanjutan. Ya silahkan disimpulkan sendiri," ungkap Nur Syamsi.

"Yang pasti pemeriksaan kesehatan kami serahkan kepada RSU dr Soetomo sesuai jadwal yang kami bikin tanggal 17-19 September. Kecuali ada hal lain yang berdasarkan dokter di RSU dr Soetomo harus dilakukan tindakan lain dan disampaikan kepada kami secara resmi," tambahnya.

Sementara Machfud Arifin mengatakan bahwa dirinya sebenarnya sudah lama negatif Covid-19.

"Saya sebenarnya sudah negatif (Covid-19) sejak lama. Tapi ini memang prosedur KPU bekerjasama dengan RSU dr Soetomo," ujar Machfud Arifin.

Mantan Kapolda Jatim ini menerangkan, sudah tidak perlu ditakutkan lagi dirinya akan menularkan Covid ke pihak lain.

"Wes nggak usah cemas rek, aku nggak nulari. Wong aku wes dulinan karo anakku kok. (Sudah teman, tidak perlu cemas, aku tidak menularkan. Saya sudah bermain dengan anak saya). Saya yakin kesehatan saya baik," jelas arek asli Ketintang, Surabaya ini.

Machfud Arifin juga terus menjaga pola hidup yang sehat serta menghindari makan-makan yang mengandung kolesterol tinggi.

"Saya tidak suka yang namanya durian. Saya tidak terlalu suka kepiting. Bebek saya juga nggak suka. Obat opo ae nggak tahu ta ombe. (obat apa saja tidak pernah saya minum). Kecuali pada saat kemarin (isolasi mandiri)," jelasnya.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top