Menikmati Nasi Uduk Aneka Warna di Kota Probolinggo

jatimnow.com - Nasi uduk yang terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica biasanya identik dengan warna putih.

Namun di Kota Probolinggo, nasi uduk buatan Indah Mustika (30), warga Kelurahan Curah Ginting, Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo ini berbeda. Nasi uduk itu berwarna hijau dan pink.

Mustika mengatakan pembuatan nasi uduk dengan ragam warna itu agar memiliki tampilan berbeda dengan nasi uduk pada umumnya.

"Agar pelanggan tertarik untuk membeli nasi uduk buatan saya," kata Mustika, Jumat (24/7/2020).

Ia menjelaskan, warna pada nasi uduk buatannya itu dari bahan alami sehingga tidak berbahaya dan tak mengandung efek samping bagi kesehatan.

"Saya gunakan warna alami. Untuk warna hijau saya gunakan daun pandan. Sedangkan warna pink itu hasil warna dari buat bit," ungkapnya

Sebelum memasak nasi, ragam warna hasil bahan alami tersebut dicampur dengan berbagai rempah-rempah sebagai bumbu nasi uduk.

"Selepas itu baru kita masak seperti cara pengelolaan nasi uduk pada umumnya," jelasnya.

Mustika mengaku mematok harga nasi uduk itu dengan Rp 24 ribu. Namun jika pembelian lebih banyak ia akan memberikan harga khusus.

"Untuk lauk tinggal memilih tergantung selera pemesan. Kami sediakan paru, babat, usus sapi, ayam kremes dan usus sapi," paparnya.

Untuk menjaring pelanggan, masyarakat dapat langsung datang ke warungnya yang berada di Ruko Katamso Square di Jalan Brigjen Katamso Kota Probolinggo atau dapat memesan secara online.

"Biasanya sebelum pandemi, kami bisa mendapatkan pesanan 100 bungkus dalam per hari. Tetapi karena Corona, turun hingga 30 bungkus saja," tandasnya.

 

Mustika dengan nasi uduk buatannya

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top