jatimnow alexametrics

Gairahkan UMKM di Gresik, BUMN ini Berikan Pelatihan Secara Online

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Pemberian support bagi UMKM di Gresik
Pemberian support bagi UMKM di Gresik

jatimnow.com - PT Barata Indonesia (Persero) melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) memberikan dukungan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan di sekitar perusahaan untuk tetap berkarya di tengah Pandemi Covid-19.

Salah satu perusahaan BUMN itu memberikan suport UMKM untuk memproduksi alat pelindung diri (APD) bagi para petugas kesehatan serta masyarakat umum.

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/hotel-sahid-surabaya-2222-best-wedding-dates.jpg

Ketua PKBL Barata Indonesia, Adelia Yudhia mengatakan hasil APD yang diproduksi UMKM didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga medis di sekitar perusahaan seperti Puskesmas Gending, Kecamatan Kebomas, Gresik.

"Kalau untuk masker kami distribusikan bagi masyarakat di sekitar kantor pusat dan cabang perusahaan," kata Adelia Yudhia, Sabtu (27/6/2020).

Ia menjelaskan untuk mengembangkan UMKM, Barata Indonesia melalui PKBL telah membuat program pinjaman pengembangan usaha dengan bunga 3 persen per tahun.

"Untuk tahun 2020 ini perusahaan telah menyalurkan seratus juta rupiah kepada sepuluh mitra binaan dalam bentuk pinjaman lunak bagi pelaku UMKM yang berada di sekitar perusahaan," jelasnya.

Selain itu Barata Indonesia juga melakukan pendampingan serta pembinaan bagi UMKM. Adapun salah satu dari program pendampingan dan pembinaan adalah dengan mengadakan pelatihan agar produk yang dihasilkan berkualitas sehingga dapat bersaing di pasaran.

"Kami juga memberikan pelatihan pemasaran secara online supaya produk UMKM yang dihasilkan dapat diserap pasar lebih luas," terangnya.

Pihaknya berharap dari program kemitraan ini pelaku UMKM binaannya dapat kembali bergairah di masa transisi menuju new normal.

"Kami berharap melalui program ini UMKM tetap tumbuh dan produktif di tengah tantangan pandemi sehingga dapat berdampak pada peningkatan roda perekonomian nasional," ujar dia.

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif