jatimnow alexametrics

Wow! Pasokan Pepaya Thailand dari Lumajang Melimpah di PIOS

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Pepaya Thailand yang didatangkan pedagang PIOS dari Lumajang
Pepaya Thailand yang didatangkan pedagang PIOS dari Lumajang

jatimnow.com - Para pedagang pepaya di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) mendatangkan buah tropis yang banyak mengandung vitamin A dan C itu dari Lumajang yang sedang masuki masa panen.

Para truk pengangkut pepaya asal Lumajang terlihat keluar masuk di pasar induk yang berlokasi di barat Pelabuhan Teluk Lamong tersebut.

Menurut para pedagang buah di PIOS, saat ini hampir tiap hari pasokan pepaya dari Lumajang datang. Rata-rata setiap lapak di PIOS minimal bisa mendatangkan buah yang banyak mengandung serat, vitamin dan mineral itu minimal 4 ton per hari.

"Yang lagi banyak panen memang dari daerah Lumajang, jenisnya adalah pepaya Thailand. Saya barusan dipasok 4 ton," kata pedagang di Blok G PIOS, Wahyudi, Selasa (9/6/2020).

Untuk harga, para pedagang menjual pepaya Thailand kategori super dengan harga di kisaran Rp 4 ribu hingga Rp 4,2 ribu.

Wahyudi menjelaskan jika pepaya Thailand dengan kategori super bisa terlihat dari bentuk buah itu lonjong (bukan bulat) dengan garis kuning kemerahan (oranye) yang terdapat pada kulit buah dengan jumlah minimal 5 garis.

"Maksimal pepaya hanya tiga hari berada di lapak. Lebih dari itu kondisinya akan menurun. Risikonya harga jual menurun, jika kian rusak ya tidak laku. Di sinilah tantangan pedagang pepaya," ujarnya.

Sementara Dika, pedagang pepaya yang lapaknya juga terletak di Blok G berharap kondisi pasar bisa kembali pulih seiring dengan kebijakan pemerintah yang mulai mensosialisasikan masa transisi menuju fase new normal.

"Semoga masa transisi menuju new normal akan berimbas baik pada kondisi pasar," harap pedagang asal Malang itu.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

https://jatimnow.com/po-content/uploads/advetorial/new-resto-pelabuhan-portrait.gif