Pulang dari Brunei dan Malaysia, Warga Pasuruan Positif Covid-19

jatimnow.com - Jumlah pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Pasuruan bertambah satu orang. Pasien itu sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi RSUD Bangil.

"Pasien positif ini laki-laki, warga Kecamatan Pandaan, umurnya 56 tahun. Hasil swab-nya keluar hari ini," jelas Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya, Jumat (1/5/2020).

Anang menambahkan, pasien ini tercatat pernah melakukan perjalanan luar negeri, yaitu mengikuti tabligh akbar di Brunei Darussalam dan Malaysia selama 14 hari.

"Pasien tersebut ikut tabligh akbar di Brunei Darussalam dan Malaysia. Ia kembali ke Indonesia tanggal 22 April 2020," ungkap Anang.

Selain itu, pasien ini juga memiliki penyakit penyerta berupa pneumonia atau sesak nafas.

"Kita rawat sampai 14 hari ke depan. Mudah-mudahan ketika di-swab kedua, hasilnya negatif dan sembuh," tambahnya.

Setelah pasien ini terkonfirmasi positif, tim gugus tugas melakukan tracing dan menemukan tiga orang dari tujuh warga di Kabupaten Pasuruan yang mengikuti tabligh akbar di Brunei Darussalam dan Malaysia tersebut.

"Dari tujuh orang, tiga lainnya sudah di RSUD Bangil. Sedangkan empat lainnya masih ditelusuri," terang Anang.

Dinas kesehatan dan puskesmas serta tim gugus tugas tingkat kecamatan juga akan melakukan penyemprotan prebiotic ke rumah pasien dan lingkungan terdekat. Juga membagikan masker di sekitar tempat tinggal pasien dan melakukan rapid test terhadap keluarga, saudara maupun tetangga yang kontak erat pasien terkonfirmasi Covid-19.

Hingga hari ini, jumlah pasien positif Corona di Kabupaten Pasuruan tercatat 16 orang. Dari 16 orang itu, 4 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Loading...

jatimnow.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Back to Top